alexametrics

RSUD Bendan Sudah Siapkan Pelayanan KIPI

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bendan selama ini ditunjuk menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi. Selain itu, menjadi tempat rujukan untuk melayani orang yang mengalami efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) vaksin Covid-19.

“Kami ditunjuk untuk menyiapkan empat kamar bagi pasien yang mengalami KIPI,” jelas Direktur RSUD Bendan, dr Junaedi Wibawa, Selasa (26/1/2021).

Selain kamar, pihaknya juga sudah menyiapkan dokter khusus penyakit dalam. Hal itu untuk merawat, jika ada masyarakat yang mengalami KIPI selama proses vaksinasi Covid-19 berlangsung. Baik mengalami gejala ringan maupun berat, dan sudah siap saat ini. Pasien akan menerima pengobatan dan perawatan.

“Layanan ini kami berikan gratis, jika ada warga yang vaksin dan mengalami KIPI,” jelasnya.

Baca juga:  Persembahan untuk Arwah yang Terlantar

Lebih lanjut, terkait vaksinasi, RSUD Bendan sudah menyiapkan sekitar 20 tenaga medis yang terlatih. Mereka terdiri atas dokter umum, perawat, bidan, dan tenaga pendukung. Mereka dilatih selama beberapa minggu secara daring oleh Kemenkes. Saat ini, mereka sudah siap dan sudah mulai melakukan vaksinasi kepada tenaga medis setempat.

“Bersyukur, hingga saat ini belum ada tenaga kesehatan yang mengalami KIPI akibat vaksin Covid-19. Diharapkan, memang tidak ada KIPI serius, baik tenaga medis, dan masyarakat pada umumnya,” katanya. (han/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya