alexametrics

Bansos Harus Tepat Sasaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bansos – Awal 2021, Wali Kota Pekalongan M Saelany Machfudz bergerak cepat dengan memantau Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) dan Kecamatan Pekalongan Barat. Ia meminta agar bantuan sosial bisa tepat sasaran dengan prosedur yang selektif dan penyaluran yang ketat. “Bansos yang selama ini digulirkan kepada masyarakat harus tepat sasaran,” Saelany.

Sebab katanya, selama ini bansos memang disalurkan dengan baik. Baik oleh Dinsos-P2KB dan kantor Kecamatan. Mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), Jaring Pengaman Sosial (JPS), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan sebagainya. Namun di lapangan sering kali menimbulkan polemik. Oleh karena itu, pihaknya menginstruksikan kepada jajaran dinas terkait untuk memastikan penyaluran dana bansos yang tepat. “Kami menegaskan terkait bansos yang digulirkan pemerintah seperti PKH, JPS, BNPT, ke depan dinas terkait harus betul-betul obyektif mendata para warga yang harus dibantu,” tegas Saelany.

Baca juga:  Digerebek Satpol, Sembunyi di Lemari

Ditambahkan Plt Dinsos-P2KB Kota Pekalongan  Budiyanto, program kesejahteraan masyarakat yang digulirkan pemerintah berupa bantuan uang tunai (dari Pemerintah Pusat), paket sembako (Pemerintah Provinsi) dan JPS (Pemerintah Kota) sudah didistribusikan dengan baik. Namun dia mengakui, adanya pandemi cukup berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan di tengah masyarakat. Namun banyak juga yang mengundurkan diri dari PKH. “Adanya pembaruan ini, kami akan melakukan verifikasi data kembali terkait data calon penerima KPM bansos untuk periode mendatang,” jelasnya. (han/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya