alexametrics

Calon Jamaah Umrah Pekalongan Banyak yang Gagal Berangkat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Banyak calon jamaah umrah dari Kota Pekalongan yang gugur alias gagal berangkat. Pasalnya penerapan usia jamaah yang dibatasi 18-50 tahun.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan H Mundakir SH mengungkapkan pelaksanaan ibadah umrah tahap III ini menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang lebih ketat. Seperti hanya memperbolehkan jamaah yang berusia 18-50 tahun.

“Sayangnya dari data jamaah Kota Pekalongan yang kemarin terdaftar, banyak yang usianya di atas 50 tahun. Sehingga sementara gugur,” jelasnya Selasa (3/11/2020).

Disebutkan Mundakir yang berangkat kali ini prioritas untuk yang terdaftar bulan Februari-Mei. Total ada 150 jamaah, namun saat ini masih seleksi, dan yang berusia di bawah usia 18 atau di atas 50 tahun tetap harus menunda keberangkatan. “Kami masih menyeleksi umur jamaah umrah,” imbuhnya.

Baca juga:  Migor Kosong, Stok Kebutuhan Pokok Lain Aman

Lebih lanjut dijelaskan untuk skema prokes perjalanan umrah, jamaah wajib tes PCR masa berlaku 72 jam atau 3 hari sebelum pemberangkatan dan setelah pemulangan. Sampai di Arab Saudi jamaah dikarantina di hotel selama 3 hari. Juga dilengkapi asuransi perjalanan lengkap cover Covid-19,” papar Mundakir.

Dia mengimbau agar jamaah bersabar untuk bisa umrah, tunggu situasi dan kondisi kondusif terlebih dahulu. Baik itu untuk umat muslim maupun biro umrah agar menahan diri.

Pasalnya dimungkinkan mengakibatkan kenaikan biaya hingga 30 persen. Karena hotel harus bintang 4 dan 5, katering khusus, transportasi juga naik, dan pajak Arab Saudi juga naik.

Biaya pembimbing umrah harus dari dari Arab Saudi. Umrah yang biasanya bisa tiga kali hanya dilakukan sekali. “Bagi yang ingin berangkat umrah saat ini lebih baik menahan diri, karena belum kondusif dan biaya lebih tinggi,” tutup Mundakir. (han/lis/bas)

Baca juga:  Warga Minta Penataan Alun-Alun Kota Pekalongan

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya