alexametrics

Pengangguran Dilibatkan dalam Program Padat Karya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan berupaya memberi solusi kepada warga yang menganggur. Salah satunya melalui program padat karya yang digalakkan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan. Kali ini mempekerjakan warga untuk membersihkan selokan. Selain untuk tambahan penghasilan, juga solusi bersihkan lingkungan setempat.

“Padat karya kali ini, untuk warga Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur,” jelas Kepala Bidang Penempatan Kerja, Pelatihan, dan Produktivitas Dinperinaker Kota Pekalongan Iskandar Kamis (10/1/2020).

Dijelaskan lebih lanjut, program padat karya ini memang dimaksudkan untuk menyerap tenaga kerja warga. Mereka diajak membersihkan wilayah setempat. Juga sebagai antisipasi musim hujan, agar wilayah Klego tak banyak genangan atau banjir. “Dengan memberdayakan pengangguran, selain solusi untuk penghasilan warga juga bersih lingkungannya,” tutur Iskandar.

Baca juga:  Warga Pekalongan Kompak Bersihkan Kampung

Kegiatan bersih selokan tersebut memang harus menggunakan tenaga manusia. Karena lokasi dan kondisinya tidak bisa dijangkau dengan alat berat. Program kali ini melibatkan 60 tenaga kerja dari warga setempat.

Lurah Klego Muhamad Farid sangat senang dengan program padat karya. Pasalnya banyak lumpur yang mengendap di selokan Jalan Seroja,sepanjang 800 meter dengan kedalaman 2 meter dan lebar 2 meter tersebut. “Memang harus segera dibersihkan mendekati musim hujan tahun ini.”

Sehingga diharapkan pada musim penghujan nanti, wilayah Klego genangannya cepat surut dan tidak banjir lagi. Melalui kegiatan ini, dia berharap juga memberi pelajaran ke masyarakat Klego untuk memelihara lingkungan dan saluran selokan setempat. Dan yang penting lagi menurut Farid, selan lingkungan bersih juga membantu perekonomian warganya. “Selokan bersih, warganya juga dapat pemasukan,” katanya. (han/ton/bas)

Baca juga:  Polisi Cegat Warga Tak Bermasker

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya