alexametrics

12 Anggota Polres Positif Covid-19, 8 Pegawai Pemkot Pekalongan juga Kena

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Sebanyak 12 anggota Polres Pekalongan terkonfirmasi positif Covid-19. Empat di antaranya perwira. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro (Wawan)  mengonfirmasi kabar tersebut. Ia mengatakan, itu berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan Kamis (17/9/2020) dan Jumat (18/9/2020). Tes swab itu dilakukan terhadap 108 anggota Polres Pekalongan.

Meski demikian, lanjut Wawan, ini bukan klaster polres. Sebab, dari 12 anggota itu tidak semuanya bertugas di Mapolres Pekalongan.  “Mereka ada yang bertugas di tingkat polsek dan dari divisi-divisi berbeda. Bukan klaster polres,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Senin (21/9/2020).

Wawan menambahkan, tes swab bagi anggota Polres Pekalongan masih berlanjut. Kemarin, 100 anggota lain menjalani tes swab. Tak hanya itu, Dinkes juga memfasilitasi tes swab bagi keluarga 12 anggota terkonfirmasi positif. Jumlahnya sekitar 80 orang lebih. “Sehingga total sekitar 280-an orang yang kami swab sebagai tindak lanjut kasus ini,” imbuhnya. Terkait kondisi 12 anggota tersebut, Wawan menjelaskan, semuanya sehat. Mereka masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). “Sehingga kami arahkan mereka untuk isolasi mandiri,” tambahnya.

Baca juga:  Aladin dan Bagus Sama-Sama Optimistis Menang

Wakapolres Pekalongan Kompol Andis menyampaikan pelayanan terhadap masyarakat akan tetap berjalan seperti biasa.”Tentu saja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” tutupnya.

Sementara di Pekalongan, hasil swab kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan Kamis (17/9/2020), ditemukan 8 orang positif Covid-19. Untuk antisipasi, beberapa kantor organisasi perangkat daerah yang pegawainya positif, dilakukan sterilisasi dan ditutup selama tiga hari.

Wali Kota Pekalongan H Saelany Mahfudz membenarkan ada pegawainya yang positif Covid. Hal itu dari hasil pemeriksaan swab terhadap 125 orang di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Kota Pekalongan Kamis (17/9/2020). “Ada 8 ASN yang positif, mereka dari beberapa OPD. Kini kami melakukan tracking, mereka berhubungan dengan siapa saja,” jelasnya Senin (21/9/2020) sore, saat ditemui di kantornya.

Baca juga:  Cegah Covid dengan Sepeda Sehat

Lebih lanjut dijelaskan wali kota dari 8 orang itu, sebanyak 7 orang ASN dan 1 orang honorer. Mereka dari kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Bagian Umum, dan Inspektorat. Saat ini, mereka langsung dilakukan isolasi di gedung yang sudah disiapkan. Untuk antisipasi, sebanyak 48 orang yang kedapatan pernah berhubungan dengan yang positif Covid, langsung dilakukan pemeriksaan swab di RS Hermina Kota Pekalongan. “Untuk 48 orang masih menunggu hasil lab,” jelasnya.

Untuk langkah antisipasi, Pemkot menerbitkan Peraturan Wali Kota Nomor 800/2572 Tahun 2020, tentang pola baru kerja ASN setempat. Seluruh pegawai pemerintahan akan bekerja mulai pukul 08.00 hingga 15.00 pada Senin sampai Kamis. Sedang hari Jumat mulai pukul 08.00 hingga 11.00. Khusus untuk beberapa OPD yang rawan dan pegawainya positif, akan diberlakukan work from home (WFH). (nra/han/lis/bas)

Baca juga:  Baznas Perketat Penerima Bantuan

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya