alexametrics

Kontak dengan Pasien Covid, Langsung Diswab

Artikel Lain

PEKALONGAN, Radar Semarang – Sikap sigap dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan untuk deteksi dini penyebaran Covid-19. Pegawai yang terindikasi pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19, dites swab.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan sebelumnya telah mengajukan permohonan untuk pemeriksaan swab, melalui mobil PCR ke Dinkes Provinsi Jawa Tengah.

Kunjungan pertama mobil PCR di Polres Pekalongan Kota dan kali kedua di Kodim 0710 Pekalongan. Kemudian PCR melakukan swab terhadap pegawai Pemkot.

Kepala Dinkes Kota Pekalongan dr Slamet Budiyanto SKM M Kes, selaku Jubir Satgas Covid-19 menjelaskan pemeriksaan swab bagi ASN ini sebagai skrining awal. Targetnya ada 125 sampel spesimen yang akan dilihat hasilnya sebagai deteksi Covid-19.

Baca juga:  Batik Jlamprang Jadi Magnet Wisatawan

Dari hasil penelusuran, mereka pernah kontak erat dengan kasus positif. “Pemeriksaan swab kami lakukan kepada masyarakat umum atau orang di pelayanan kesehatan,” terang Budi Kamis (17/9) di halaman setda setempat.

Pada kesempatan kemarin, pemeriksaan antara lain dari BPBD, BKD, inspektorat, BPJS Kesehatan, Puskesmas Sokorejo, dan Puskesmas Bendan. Mereka diambil sampel di bawah pohon rindang halaman kompleks kantor setda.

Jika hasil dari swab para pegawai tersebut ditemukan positif Covid-19, maka pemkot akan meminta untuk isolasi mandiri. Tidak dilakukan di rumah masing-masing, tetapi di rumah isolasi gedung Diklat yang berkapasitas 22 orang. “Mudah-mudahan tidak ada yang positif Covid-19 lagi. Jika ada sudah siapkan Gedung Diklat,” tutup Budi. (han/lis/bas)

Baca juga:  Maksimalkan Sarana Publikasi Pekalongan dalam Angka

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya