alexametrics

Bantu Siswa, Gelar Pembelajaran Jarak Jauh lewat Radio

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Setelah meluncurkan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) live melalui TV lokal. Kini Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kominfo, melanjutkan dengan pengajaran lewat audio disiarkan di LPPL Radio Kota Batik (RKB). Layanan ini sudah bisa dinikmati siswa setempat mulai 2 September hingga 21 November 2020.

Kepala Dinas Kominfo Kota Pekalongan, Yos Rosyidi SIP, MSi mengungkapkan, program ini dibuat untuk membantu layanan pendidikan kepada siswa selama belajar di rumah di tengah masa pandemi Covid-19. Layanan bisa didengarkan mulai pukul 08.00-09.00, untuk tingkat TK-SMP sederajat dengan mata pelajaran yang berbeda-beda setiap hari. Hal ini menurut Yos, menindaklanjuti, perintah pemerintah pusat, untuk memberi kemudahan pembelajaran siswa.

Baca juga:  Sebelum Membunuh, Pelaku Sempat Minta Difoto Bareng dengan Korban

Proses penyampaian materi melalui siaran radio memiliki keunggulan relatif murah, dan mudah terjangkau oleh masyarakat umum dari berbagai strata sosial. Selain itu, dapat menjangkau wilayah yang lebih luas serta dapat dimanfaatkan sebagai siaran jarak jauh. “Radio mudah diakses dan murah, jangkauan juga lebih luas jelas Yos Rabu (2/9/2020).

Lebih lanjut, pemanfaatan TV dan radio dipilih agar para siswa tak tergantung dengan smartphone. Selain itu, hal ini pun dilakukan agar siswa yang tak memiliki smartphone pun bisa mendapatkan pembelajaran.

Sementara itu, Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Pekalongan sekaligus koordinator guru mengajar PJJ lewat radio Arthy Rohjatmi sangat mengapresiasi dan bersyukur atas langkah yang ditempuh ini. “Kami berharap program tersebut dapat terus berjalan efektif sehingga proses belajar-mengajar tetap dapat berlangsung meskipun tanpa pertemuan tatap muka di kelas,” ungkapnya.

Baca juga:  Prihatin Selalu Kebanjiran, Pemkot akan Bantu Lapas

Pada pembelajaran lewat radio, dijelaskan, total ada ada 60 guru dari tingkat TK/RA, SD/MI, dan SMP/MTS. Semua sudah mendapat materi praktik siaran. Sehingga nantinya mereka bisa cakap dalam berkomunikasi, dan membiasakan menyampaikan materi pelajaran dengan cara menyiarkan. “Setiap hari guru yang menyampaikan pembelajaran ini berganti-ganti dan menyesuaikan dengan kurikulum serta bidang,” tutupnya. (han/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya