alexametrics

Inovasi Baru, PJJ lewat TV Lokal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Mulai tanggal 1 September 2020, siswa di Kota Pekalongan sudah bisa belajar jarak jauh, melalui tayangan di televisi lokal. Program ini, diresmikan oleh Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE, di ruang lobi LPPL Batik TV Kota Pekalongan.

“Kami menggagas 3 program inovasi terbaru, untuk memudahkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa sekolah,” jelas Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan Yos Rosyidi SIP, MSi Selasa (1/9/2020).

Ketiga inovasi tersebut, antara lain video dan audio pembelajaran yang disiarkan melalui TV dan radio lokal, pemberian akses internet gratis dan aplikasi pertemuan daring yang juga bisa diakses secara gratis oleh siswa setempat.

Inovasi yang dicanangkan tersebut kata Yos, tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk Dinas Pendidikan dan PGRI Kota Pekalongan. Sebelum dimulai, sejumlah 120 guru dari jenjang TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs sudah mendapat pelatihan.

Baca juga:  Tiga Pohon Asam Tetap Subur sejak Ratusan Tahun

Lebih lanjut, PJJ live ini sudah bisa dinikmati hingga 18 September 2020 di TV Batik. Tayang setiap hari Senin-Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 11.00. Durasi per materi disampaikan guru selama 25 menit. Sedang untuk tayangan radio dimulai 2 September – 21 November 2020, mulai pukul 08.00-09.00. “Semoga program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pihak yang berkepentingan,” jelasnya.

Wali Kota Pekalongan sangat mengapresiasi program tersebut. Layanan pendidikan PJJ selama masa pandemi Covid-19 ini sangat inovatif. “Alhamdulillah, ini inovasi yang sangat bagus dan menarik, karena belum tentu setiap daerah bisa membuat program seperti ini,” ujarnya senang.

Dengan memanfaatkan TV lokal dan radio lokal milik pemerintah, dapat memberikan sarana pembelajaran yang mudah. Sebab, sebelumnya PJJ dengan smartphone dari mahal alat dan biaya kuota internet menyusahkan banyak pihak. Dengan terobosan ini bisa menjadi solusi terbaik bagi wali murid, guru dan peserta didik. “Kami berharap ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dan seefektif mungkin dalam memberikan layanan pendidikan,” papar Saelany. (han/kom/lis/bas)

Baca juga:  Tabrak Pohon Tumbang, Pemotor Tewas

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya