Wali Kota Pastikan UKK Imigrasi Siap Buka

296
Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE melakukan monitoring dan evaluasi (monev) dan mengecek kesiapan UKK Imigrasi Kota Pekalongan Kamis (13/8/2020). (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kota Pekalongan segera dibuka pada akhir Agustus 2020 ini. Untuk mengecek persiapannya, Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke lokasi langsung Kamis (13/8/2020).

UKK tersebut berada di Jalan Majapahit Nomor 2 eks Gedung Wanita Kota Pekalongan. Sebenarnya akan diresmikan bertepatan dengan Hari Jadi Kota Pekalongan pada awal April lalu. Namun karena adanya pergantian Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI dari Ronny F Sompie ke Jhoni Ginting, ditambah wabah Covid-19, maka ada perubahan jadwal.

Saelany mengungkapkan, UKK Imigrasi ini merupakan kepanjangan tangan Kantor Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI melalui Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang. Dibuka dengan tujuan agar masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya dimudahkan dalam mengurus dokumen keimigrasian. “Warga kami tak perlu jauh-jauh ke Pemalang untuk urusan keimigrasian,” tutur Saelany.

Pada kesempatan kemarin, wali kota hadir didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan Drs Supriono MM. Mereka mengecek seluruh bangunan, ruang layanan, ruang penunjang dan berbagai fasilitas lain yang sudah disiapkan.

Dari hasil pantauan, secara infrastruktur baik tempat gedung, penunjang kesisteman, sarana dan prasarana sudah terbilang siap. Bahkan diungkapkan Supriono, Pemkot sudah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sejak April lalu

DPMPTSP telah menyeleksi sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Pegawai telah dilatih sejak Februari. Mereka terdiri atas 2 ASN, 3 non ASN yang sudah direkrut pada akhir tahun 2019 lalu melalui seleksi online, dan 3 tenaga keamanan. “Semoga UKK Imigrasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat kami, dan juga warga asing yang banyak bekerja di sekitar Kota Pekalongan saat ini,” tandasnya. (han/hum/ton/bas)