alexametrics

Sering Jebol, Tanggul Randujajar Diperkuat 700 meter

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR)  Kota Pekalongan bakal memperkuat tanggul penahan gelombang air laut yang dipasang di daerah Randujajar, Kelurahan Pasir Kraton Kramat, Kecamatan Pekalongan Barat.

Perbaikan tanggul di Randujajar dilakukan di sisi sebelah timur Sungai Meduri. Rencananya, DPUPR dalam rangka penanganan darurat bencana akan memperkuat tanggul tersebut sepanjang 700 meter, dengan lebar kurang lebih 0,5 meter dan akan diselesaikan dalam kurun waktu 14 hari.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Pekalongan, Khaerudin menuturkan penguatan tanggul dilakukan dari sebelah utara pantura dari dekat jembatan sampai pompa air yang ada di Pasirsari atau Randujajar. Pihaknya menambahkan bahwa secara teknis penguatan tanggul akan diperlebar kurang lebih 0,5 meter.

Baca juga:  Lagi Nongkrong, Dibegal

“Untuk yang rawan nanti trucuknya diberi jarak 25 sentimeter. Kemudian dari trucuk ini diberi sasak atau anyaman dari bambu, kemudian ada penguat dari terpal, baru nanti diberi sandbag. Sandbag ini ada dua, dari tanggul yang lama dan tanggul yang baru. Nanti di tengah-tengah diisi dengan tanah,” papar Khaerudin.

Khaerudin berharap dengan upaya penanganan tersebut, tanggul Randujajar yang sering jebol akan segera teratasi dan menjadi lebih kokoh. Sementara itu, untuk menangani kerusakan tanggul darurat yang ada di daerah Slamaran dalam waktu dekat juga akan segera dilakukan.

“Di samping itu, kita juga tetap berdoa agar air pasang tidak melebihi tanggul yang kita bangun sekarang. Droping sandbag dan tanah untuk tanggul darurat juga sudah kami mulai kemarin,” tutup Khaerudin. (nor/bas)

Baca juga:  28.402 Pelajar dapat Subsidi Kuota Internet

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya