alexametrics

Rayakan Via Live Streaming, Ibadah di Wihara Tak Lebih dari Lima Orang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Umat Buddha di Pekalongan akan peringati Hari Raya Tri Suci Waisak via live streaming. Hal tersebut disampaikan oleh Walgianto selaku pengurus Wihara Vajra Bumi Pekalongan.

Walgianto mengungkapkan bahwa imbauan tersebut disampaikan oleh DPD Walubi Jawa Tengah. Nantinya upacara hanya akan dilangsungkan dari Wihara Vajra Bumi Nusantara, Karawaci Tangerang. Umat Buddha di Pekalongan dapat mengikuti upacara tersebut dengan live streaming dari rumah masing-masing.

Adapun menurut pantauan wartawan Jawa Pos Radar Semarang, satu hari sebelum perayaan, Wihara Vajra Bumi Pekalongan tampak sepi dan tak ada persiapan khusus yang dilakukan. Pagar Wihara pun tertutup rapat dan tak ada umat yang berkunjung.

Baca juga:  Gaspoll Dukung Gus Muhaimin Capres 2024

“Di tahun-tahun sebelumnya, sebelum hari H perayaan selalu ada persiapan upacara seperti menyusun meja, menghias altar dan sesaji. Tapi khusus tahun ini memang ditiadakan,” terang Walgianto kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (6/5/2020).

Selain itu, pihaknya juga mengatakan bahwa dari pihak kepolisian sudah menghubungi Wihara untuk memastikan bahwa upacara waisak di Pekalongan benar-benar ditiadakan untuk umat Buddha secara umum.

Meski demikian, Walgianto mengatakan bahwa pada Hari Raya Waisak, Wihara Vajra Bumi tidak akan dibiarkan tanpa umat sama sekali. Nantinya pengurus akan tetap melakukan persembahyangan namun jumlahnya tidak lebih dari lima orang.”Kami tetap hidupkan dupa untuk kami bersembahyang meski hanya empat pengurus yang ikut. Waisak tahun ini akan terasa sangat khidmat,” tutupnya. (nor/bas)

Baca juga:  Bantu 10 Ton Beras untuk Korban Banjir

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya