alexametrics

Keterbatasan Fasilitas jadi Kendala School From Home

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Kebijakan School From Home (SFH) dikeluhkan oleh sejumlah guru di Pekalongan.

Salah satunya adalah Siti Kurnia Khasanah. Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 5 Pekalongan ini mengaku bahwa keterbatasan fasilitas yang dimiliki siswa merupakan kendala terbesar dalam menjalankan SFH ini.

Pasalnya, tidak semua siswanya berasal dari keluarga dengan keadaan finansial yang mencukupi. Jangankan laptop atau komputer, handphone pun masih banyak yang tak memiliki.

Di samping itu, beberapa siswa yang dapat mengakses pembelajaran melalui daring juga mengaku tidak terlalu paham dengan materi yang diajarkan.”Oleh karenanya kami butuh media yang lebih mendukung lagi untuk membantu siswa mendapatkan materi pelajaran. Seperti saluran TV dan Radio daerah,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Setali mata uang dengan Kurnia, Rudi Winanto yang juga seorang guru mengungkapkan bahwa SFH ini tetap berujung dengan pertemuan-pertemuan. Dikarenakan siswa-siswa yang tak memiliki handphone diharuskan mengambil tugas ke sekolah melalui wali murid.

Baca juga:  Perintahkan Kades Pelototi Pemudik

Menyikapi adanya SFH tersebut, Wali Kota Pekalongan HM Saelany Mahfudz mengungkapkan bahwa guru-guru diminta untuk terus telaten mengajarkan ke siswa melalui media sosial. Meski hal tersebut tentu tidak mudah namun menurutnya ini merupakan cara terbaik di situasi saat ini.

Di sisi lain, Kepala Bagian Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Unang Prayogi mengungkapkan bahwa terkait keluhan-keluhan tersebut, opsi dari Dinas Pendidikan adalah supaya guru dapat bersinergi dan berkomunikasi baik dengan wali murid. Supaya wali murid dapat turut membantu proses pembelajaran sang anak di rumah.”Sementara opsinya memang itu. Untuk yang tidak punya HP orang tua bisa datang ke sekolah mengambil tugas,” terangnya. (nor/bas)

Baca juga:  64 Warga Siap menjadi Penduduk Produktif

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya