alexametrics

Pencuri Murai Batu dan Cucak Hijau Terancam Tujuh Tahun Penjara

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Warga Pekalongan Selatan, Zahrul Ulum, 23, didakwa karena melakukan pencurian burung langka. Dua ekor burung curian tersebut berjenis murai batu Medan dan satu ekor berjenis burung cucak hijau.

Ketiga burung langka tersebut dicurinya dari Nanang Sulaiman, 36. Adapun dari tindak pencurian tersebut, Nanang mendapat kerugian sebesar 6.650.000.

Pelaku mengaku sudah sejak lama mengincar burung-burung tersebut karena mengetahui korban sebagai joki perawat burung. Siang itu, saat korban meninggalkan rumah untuk menjemput sang anak, pelaku memanfaatkan kesempatan tersebut.

Tak hanya mencuri, saat dilakukan penyelidikan didapati bahwa pelaku juga menyiksa salah satu burung murai batu Medan dengan mencabut bulu-bulunya. Saat dimintai keterangan, ia mengatakan tidak seluruh burung akan ia jual. Salah satunya akan ia pelihara.

Baca juga:  Kesulitan Pasokan Material, Proyek Tol Semarang-Demak Terancam Berhenti

Adapun Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Andrian Suez mengungkapkan bahwa tindak pencurian burung langka ini baru sekali ini terjadi di Pekalongan. “Ini bukan pencurian sepele karena yang dicuri adalah burung langka. Hukumannya pun tidak main-main,” ungkap Kapolres kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Oleh karena perbuatannya, Zahrul dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara. (nor/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya