Pertahankan Daging Sehat, RPH Disemprot Disinfektan

256
Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng melaksanakan penyemprotan disinfektan di RPH, Selasa (7/4/2020). (Norma Sari Yulianingrum/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Sebagai salah satu unit pelayanan publik dalam penyediaan bahan pangan, Rumah Potong Hewan (RPH) dinilai merupakan salah satu tempat vital di Kota Pekalongan. Setiap hari operasional RPH diramaikan dengan aktivitas para jagal, pekerja serta pedagang eceran daging.

Dalam rangka ikut berpartisipasi dalam pencegahan penularan korona di Kota Pekalongan, Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng melaksanakan penyemprotan disinfektan di RPH.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi, Selasa (7/4/2020). Ilena menyampaikan penyemprotan ini sebagai upaya RPH menyediakan daging yang sehat dan aman bagi masyarakat Kota Pekalongan di tengah wabah korona.“Dengan demikian masyarakat Kota Pekalongan tetap bisa meningkatkan konsumsi protein hewani untuk menjaga kesehatannya,” tandas Ilena.

Ilena menjelaskan bahwa selanjutnya penyemprotan akan dilakukan secara berkala di RPH Panjang dan RPH Kuripan. Adapun menurutnya pemotongan hewan di RPH tidak mengalami penurunan bahkan data menunjukkan selama bulan Maret ada peningkatan pemotongan sapi di RPH Panjang sebesar 18 persen.

Ilena mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan hygiene sanitasi yakni di kios penjualan daging, penjual, dan pembeli juga melaksanakan prosedur kesehatan yang dianjurkan seperti memakai alat pelindung diri (masker) dan cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah mengolah daging, serta memasak daging dengan benar dan matang. (nor/bas)

 





Tinggalkan Balasan