alexametrics

Sebulan Sepuluh Kejadian Pohon Tumbang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Selain bencana banjir, selama musim penghujan ini, banyak masyarakat Kota Pekalongan was-was dengan adanya pohon tumbang. Terbukti, sebulan terakhir sudah ada sepuluh peristiwa pohon tumbang.

Terakhir, pohon tumbang dilaporkan oleh warga di Jalan Wahid Hasyim. Salah seorang warga sekitar, Adi menjelaskan bahwa banyaknya pohon yang rimbun di sepanjang Jalan Wahid Hasyim membuat ia dan warga sekitar merasa was-was.

“Banyak pohon yang rimbun di sini, sementara letaknya dekat dengan sekolah dan permukiman. Itu yang bikin was-was,” ujarnya Senin (2/3/2020).

Kepala Harian BPBD Kota Pekalongan Saminta mengatakan, terkait banyaknya pohon tumbang yang terjadi akhir-akhir ini pihaknya telah mengerahkan tim untuk sigap melakukan evakuasi. Kendati demikian, pihaknya juga memberi saran kepada dinas terkait untuk selalu melakukan perapian pohon secara rutin. Pasalnya, pada beberapa kejadian, pohon yang tumbang didapati memiliki beban yang berat.

Baca juga:  Kembangkan Bibit Unggul di Lab Kuljar

“Seperti yang terjadi minggu lalu di Alun-Alun dan yang sekarang terjadi di Jalan Wahid Hasyim, keduanya punya beban yang tinggi. Seperti daun yang terlalu rimbun,” katanya.

Selain di Jalan Wahid Hasyim, tercatat sejauh ini pohon tumbang juga terjadi di daerah Kuripan, Cempaka, Noyontaan, Jalan Kopi, serta Jalan Sriwijaya. Dari kejadian tersebut, beberapa di antaranya menyebabkan kerugian seperti menimpa mobil dan rumah warga. (nor/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya