alexametrics

Pohon Beringin 15 Meter di Alun-Alun Tumbang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  PEKALONGAN – Pohon beringin di Alun-Alun Kota Pekalongan tumbang, setelah diterjan hujang deras diserta angin kencang Senin (24/2). Menurut kesaksian warga sekitar, pohon beringin tersebut tumbang sekitar pukul 13.30 WIB.

Kustadi, 53, salah satu warga Keputran menuturkan bahwa saat kejadian banyak pengendara motor yang berlalu lalang di sekitar Alun-Alun. Beruntung pohon setinggi 15 meter tersebut tumbang ke arah lapangan sehingga tidak memakan korban.

“Pohon ini umurnya kan sudah tua, jadi ya rapuh dan rawan tumbang. Selain itu daun-daunnya juga jarang dipangkas sehingga menambah beban yang harus ditopang,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan Purwanti mengatakan, pihaknya langsung bersinergi dengan DPU-PR, BPBD, serta Damkar untuk menuju lokasi dan melakukan pemotongan.

Baca juga:  Dinkominfo Cangankan Zona Integrasi

“Yang pertama kami lakukan adalah mengevakuasi pohon tersebut supaya tidak membahayakan warga serta meninjku kabel-kabel di sekitarnya,” ungkap Purwanti.

Hingga sore hari, penanganan pohon beringin belum selesai. Pemotongan dilakukan secara berkala dan sedikit demi sedikit. Mengingat ukuran pohon yang besar serta letak tumbangnya yang sulit dijangkau. Kondisi lalu lintas di sekitar Alun-Alun sendiri terpantau ramai lancar meski banyak pengendara yang menepi untuk menyaksikan pemotongan pohon. (nor/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya