alexametrics

Tekan Pengangguran, Genjot Pelatihan Kerja

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Pada awal tahun 2020, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) setempat terus berupaya menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Pekalongan.

Salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi secara gratis diperuntukkan masyarakat Kota Pekalongan yang belum bekerja. Demikian disampaikan Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Slamet Haryadi usai menghadiri pembukaan pelatihan berbasis kompetensi Angkatan 1 bertempat di Aula UPTD BLK Dinperinaker Kota Pekalongan, Jumat (7/2).

Slamet mengungkapkan bahwa pelatihan yang rutin digelar sebanyak enam angkatan dalam setahun ini dinilai membawa dampak positif untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kota Pekalongan. Selain itu juga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan.

Baca juga:  Delapan Rumah Roboh, Tersebar di Lima Kelurahan

“Alhamdulillah, TPT Kota Pekalongan tahun 2019 lalu turun menjadi 5,77 persen yang semula 6,13 di tahun 2018 silam. Mudah-mudahan di tahun 2020 hingga akhir RPJMD Tahun 2021 nanti bisa terus turun secara signifikan hingga 4 persen dari target yang telah ditetapkan. Setiap tahun kami membuka pelatihan hampir 1000 orang dalam 55 paket keterampilan untuk siap kami bekali dalam memasuki dunia kerja maupun dunia usaha,” terang Slamet kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Disampaikan Slamet, pada awal tahun 2020 ini, pelatihan angkatan pertama ini dibuka delapan paket keterampilan di antaranya menjahit, tata boga, las, serta teknisi HP. Dalam setiap paket pelatihan diisi oleh kapasitas 16 orang. Peserta pelatihan akan mendapatkan pembekalan soft skill dan hard skill sesuai kompetensi bidang yang mereka pilih. Selain itu disediakan pula instruktur berkompeten, dan para peserta nantinya juga akan mendapatkan fasilitas ATK, materi pembelajaran, konsumsi, pakaian kerja, serta uang transport. (nor/bas)

Baca juga:  Peringati Hari Buruh, Gelar Porseni Tripartit

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya