alexametrics

Terminal Bus Butuh Inovasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Penumpang Tipe A Pekalongan, untuk mengecek persiapan sarana dan prasarana transportasi untuk angkutan libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Namun kehadiran juga mendapat keluhan dari pedagang yang penghasilannya menurun, akibat terminal bus kini tidak diminati. “Penumpang happy, kan ini jam siang jadi penumpangnya tidak banyak. Tapi pedagang yang bilang ‘Pak nggak laku Pak’ karenanya kita cari inovasi tertentu agar UMKM mendapatkan kesempatan untuk berdagang di sini,” tutur Budi, Selasa (31/12).

Pada kesempatan itu, memang beberapa orang pedagang di terminal bus Kota Pekalongan sempat mengeluhkan menurunnya penghasilan mereka. Sebab, kini terminal sepi penumpang. Menurut Menteri Budi, memang ada kecenderungan penumpang di terminal Bus tersebut turun tiga persen. Namun menurutnya hal ini situasional saja, karena kini banyak orang menggunakan mobil pribadi.

Baca juga:  Tak Kunjung Dibangun, Lahan Terminal Demak Penuh Ilalang

Tapi pihaknya tetap ingin merencanakan bahwa apa yang dikembangkan Kemenhub tentang angkutan massal di antaranya menggunakan bus ini, harus tetap menjadi utama.

Untuk itu kata Budi, pihaknya akan meningkatkan pelayanan pada bus dan terminal untuk menarik kembali minat penumpang. Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan sistem pelayanan di terminal. Sehingga, masyarakat akan nyaman menggunakan bus.

“Seperti di Pulo Gebang kita bangun, sistem pembeliannya tiketnya dengan IT sehingga mereka merasa lebih enjoy dan angkutan masal menjadi lebih baik, sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas jalan kita,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE mengaku sangat senang atas kunjungan Menhub RI di penghujung tahun 2019 ini.”Kami cukup senang dan apreasiasi atas kunjungan Menhub ke Kota Pekalongan. Tadi juga sempat kamu ajak menyicipi kuliner khas Kota Pekalongan yakni garang asem Masduki, yang terletak di jakur pantura,” seru Wali Kota. (han/bas)

Baca juga:  Pernah Gulung Tikar, Selalu Inovasi Resep Baru

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya