alexametrics

Lindungi Konsumen dari Produk Tak Layak dan Harga Tinggi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Pemkot Pekalongan menerjunkan tim gabungan untuk memastikan peredaran makanan dan minuman di wilayahnya layak konsumsi. Mengingat daya beli masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru cukup tinggi. Hal tersebut membuat produsen maupun reseller meningkatkan stok dagangannya. Sehingga rawan lolos produk yang sudah tak layak konsumsi.

Operasi pasar dilakukan oleh petugas gabungan dari Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM), Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Pangan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan kepolisian. Sasarannya sejumlah pasar tradisional, supermarket, toko atau kios-kios sembako.

“Selain untuk mengantisipasi peredaran makanan dan minuman tidak layak konsumsi, juga untuk memastikan tercukupinya kebutuhan bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2020,” terang Kepala Bidang Perdagangan, Sri Haryati.

Baca juga:  Pelanggar Protokol Kesehatan Ditegur dan Diberi Masker

Dia menambahkan, tim sebenarnya sudah melakukan operasi pasar sejak Rabu (11/12). Dibagi menjadi dua tim. Selain sebagai upaya melindungi konsumen dari produk tak layak konsumsi, juga bentuk pengawasan dan pembinaan kepada para penjual, pemilik toko dan supermarket untuk meminimalkan kenaikan harga barang. Sebab momen jelang Natal dan Tahun Baru seringkali dimanfaatkan untuk menaikkan harga.

“Kami tekankan agar para pelaku usaha untuk tidak menjual produk kedaluwarsa dan menjaga stok serta harga barang agar stabil. Dan tadi (kemarin) kami temukan beberapa kemasan produk makanan yang rusak, sehingga kami minta untuk tidak dijual lagi,” tandas Haryati.

Sementara itu, pengelola toko modern yang diperiksa oleh tim gabungan, tidak bersedia memberikan keterangan. Namun barang-barang yang direkomendasikan untuk tidak dijual, oleh karyawan setempat dimasukkan kembali ke gudang. Sehingga tidak di jual lagi di rak display. (han/zal)

Baca juga:  HUT Korpri, Bantu Pedagang Sekolah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya