Kejar DID dengan Tertib Laporan

133

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Sebagai upaya mendapat dana intensif daerah (DID), Pemkot Pekalongan melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) menggelar sosialisasi perpajakan dan persiapan akhir tahun 2019. Bertempat di ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan Rabu (6/11).

“Jika terlambat pelaporannya, akan berpengaruh terhadap konsekuensi dana intensif daerah,” ujar kepala BKD Kota Pekalongan, Doyo Budi Wibowo.

Untuk itu pihaknya meminta seluruh bendahara pengeluaran memahami langkah-langkah setiap pelaporan. Karena ada beberapa pendapatan belanja, tata cara pengajuan SPM lokal untuk pengguna anggaran setelah 20 Desember harus bagaimana.

“Bisa saja kita tidak bisa mendapatkan (DID). Karena pelaporan operasional pertanggungjawaban tidak tepat waktu tersebut,” tegasnya.

Terutama, lanjut Doyo, dalam rangka menyongsong akhir tahun 2019. Para bendahara pengeluaran di semua OPD lingkungan Pemkot Pekalongan diminta tertib laporan. Di mana seluruh anggaran administrasi keuangan daerah dapat selesai sesuai dengan regulasi dan tepat waktu.

“Ini kan sebagai antisipasi kita yang selama ini sudah berjalan. Memang diharapkan penyerapan itu bisa maksimal dilaksanakan. Sehingga kami buatkan antisipasi supaya langkah langkah terkait dengan anggaran tahun ini terealisasi,” tutur Doyo. (han/zal)