alexametrics

Tahun Ini 812 RTLH Dipugar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Pemkot Pekalongan berupaya mengurangi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Dinperkim), pemkot akan memugar sebanyak 812 unit RTLH yang tersebar di 26 kelurahan (kecuali Kelurahan Buaran Kradenan).

“Jumlah RTLH di Kota Pekalongan semakin berkurang. Pengurangan kawasan kumuh dan RTLH ini sebagai salah satu arah kebijakan pemerintah kota untuk pengembangan wilayah Kota Pekalongan,” ucap Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz Kamis (31/10).

Diungkapkan wali kota, tahun 2017 pihaknya telah melakukan pemugaran rumah sebanyak 1.190 unit. Anggarannya berasal APBD kota, APBD provinsi maupun CSR. Tahun 2018, telah menyelesaikan pemugaran rumah sebanyak 1.531 unit. Anggaranya kolaborasi dari berbagai sumber, seperti APBD kota, BSPS Kementerian PUPR, dan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemugaran Rumah.

Baca juga:  Wisata Air Pasir Kencana Dibuka 4 Maret 2022

“Dan InshaAllah tahun ini jumlah RTLH yang akan dipugar sebanyak 812 unit. Lokasinya berada di semua kelurahan. Kecuali Kelurahan Buaran Kradenan yang seluruhnya telah dipugar,” ungkap Saelany.

Program RTLH akan terus dilakukan hingga tuntas. Saelany juga berharap program RTLH benar-benar tepat sasaran.

Selama ini, lanjut Saelany, dalam menjalankan program pemugaran terkendala data base yang kurang sempurna. Sehingga petugas mengambil acak siapa pun yang mengajukan. Bisa saja karena pertemanan atau kekeluargaan.

“Ke depan petugas harus paham betul bagaimana alur dan syarat penerimaannya yang seperti apa dan mencegah adanya ketidaktepatsasaran ini,” terang Saelany.

Ditambahkan Plt Dinperkim Kota Pekalongan Muhammad Sahlan, tercatat dari 2017 terdapat 6.448 RTLH di Kota Pekalongan. Dari total RTLH tersebut sudah dipugar hampir separonya. Tersisa 3.328 unit RTLH pada 2018 yang tersebar di beberapa tempat.

Baca juga:  Rumah Hampir Roboh, Wihaji Janjikan Bangun Minggu Depan

Guna menurunkan jumlah RTLH di Kota Batik, Pemkot kembali melaksanakan program perbaikan RTLH. “Anggaran perbaikan satu unit rumah Rp 7,5 juta,” papar Sahlan. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya