alexametrics

Tahun Ini, Lima Puskesmas Reakreditasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Puskesmas di Kota Pekalongan sudah terakreditasi 100 persen sejak akhir 2018 dan membuat Kota Pekalongan mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan.

Kendati demikian sesuai amanat Permenkes Nomor 46 Tahun 2015 bahwa Puskesmas yang telah terakreditasi akan dilakukan akreditasi ulang atau reakreditasi setiap 3 tahun sekali. Bagi puskesmas yang telah terakreditasi pada tahun 2016, maka pada tahun 2019 harus dilakukan akreditasi kembali.

Tahun ini dijadwalkan ada lima puskesmas di Kota Pekalongan yang reakreditasi. Namun sampai saat ini baru empat puskesma, yakni Puskesmas Kusuma Bangsa, Puskesmas Krapyak Kidul, Puskesmas Bendan, dan Puskesmas Jenggot. Hanya Puskesmas Dukuh belum reakreditasi karena masih dalam proses rehabilitasi dan diperkirakan akan reakreditasi pada September 2019.

Baca juga:  Dinkominfo Fasilitasi Jaringan Internet untuk Vaksinasi

“Reakreditasi ini dilakukan agar puskesmas tidak ‘jalan di tempat’ setelah mendapatkan status terakreditasi, namun tetap terus menerapkan prinsip peningkatan mutu yang berkesinambungan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat,” tutur Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto Rabu (14/8).

Budi menerangkan bahwa pada penilaian 2016 lalu lima puskesmas yang diakreditasi ini ada dua yang mendapat nilai dasar dan dua nilai madya dari tingkatan penilaian mulai dari dasar, madya, utama, kemudian paripurna.

“Harapannya kelima puskesmas yang reakreditasi tahun ini memperoleh nilai utama kalau bisa nilai paripurna,” tandas Budi. (alf/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya