alexametrics

Kondisi Kios Dinilai Tak Nyaman

- Pedagang Kembali Berjualan di Sekitar Pantai

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Sebagian pedagang di objek wisata Pantai Pasir Kencana, mengeluhkan kondisi kios yang telah di sediakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dinparbudpora).

Kios yang disediakan khusus pedagang Pantai Pasir Kencana tersebut bertujuan menata para pedagang yang sebelumnya menggelar lapaknya di taman sekitar pantai, akan tetapi kios tersebut kini mulai ditinggalkan lantaran dinilai kurang nyaman.

Disampaikan Putri Puspitasari, salah satu pedagang mengaku kalau menggelar lapaknya di taman dirasa lebih nyaman, karena adanya pepohonan yang rindang, membuat suasana lebih teduh. “Kalau di kios, pembeli gak bisa selonjoran, kalau siang juga tempatnya panas sekali. Sehingga pedagang dan pembeli tidak betah jadinya kembali lagi menggelar lapak secara lesehan di taman,” ujar Putri.

Baca juga:  Siapkan Rp 3,4 M untuk Betonisasi Jalan Angkatan 66

Ditambahkan Dayati, pedagang lainnya bahwa lokasi kios yang berada di pinggir kompleks wisata membuatnya jarang terakses oleh pembeli. Dayati mengaku para pedagang sudah tidak menempati kios yang disediakan sejak lebaran pada Juli 2019 lalu, karena memanfaatkan momen liburan yang membuat kunjungan wisata meningkat.

“Kalau menurut saya, kios tersebut sebenarnya bagus, hanya saja kurang nyaman karena panas tadi. Selain itu adanya rob setiap sore dan juga masih ada pembangunan yang belum selesai, membuat lokasi kios tersebut kurang diminati. Jadi harapan kami, tempatnya di benahi dulu sebagus mungkin baru kita kembali ke kios yang disediakan,” imbuh Diyah.

Terpisah, Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, Sutarno, saat dikonfirmasi, Minggu (11/8) mengatakan, bahwa para pedagang telah membuat surat kesepakatan dengan pihak dinas untuk tetap menempati kios yang telah disediakan. Dirinya pun telah memberikan teguran secara lisan dan tertulis apabila para pedagang masih menggelar lapaknya di taman Pantai Pasir Kencana.

Baca juga:  Gus Yasin Ajak Santri dan Warga Kerja Bakti

“Saat momen syawalan lalu, kita berikan kelonggaran untuk pedagang berjualan di taman pantai. Akan tetapi ternyata kebablasan, mereka tidak balik ke kiosnya. Sehingga oleh kami ditegur karena sudah membuat surat perjanjian. Jika diperingatkan susah, maka petugas akan diturunkan menertibkan pedagang,” ujar Sutarno.

Adapun kios yang disediaan Dinparbudpora sejumlah 14 kios dengan 11 pedagang yang sudah membuat surat perjanjian menmpati kios tersebut. Terkait fasilitas, dikatakan Sutarno saat ini pihak Dinparbudpora tengah berbenah secara bertahap, sehingga diharapkan, para pedagang juga mbantu mengindahkan objek wisata Pantai Pasir Kencana.

“Saat ini kita fokus ke perbaikan tanggul penahan rob di sekitar patai pasir kencana agar lipasan air tak lagi ke tempat wisata. Kemudian jika memang di keluhkan panas, kita sebenarnya sudah melakukan penghijauan, akan tetapi pepohonannya diakui masih kecil-kecil sehingga hal ini betul-betul dilakukan secara bertahap. Pembenahan tempat wisata tetap kami lakukan lebih baik lagi,” jelasnya. (alf/bas)

Baca juga:  Nyaru Buruh Cuci, Gasak Dua Handphone

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya