alexametrics

Dewan Minta Relokasi Pedagang Dikaji Ulang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Perencanaan pemindahan pedagang barang bekas di Pasar Sugihwaras ke lokasi Pasar Senggol Sayun Kuripan perlu dievaluasi. Pasalnya sampai saat ini kios di lokasi baru masih belum mengakomodir semua pedagang Pasar Sugihwaras.
Dari tinjauan langsung oleh DPRD Kota Pekalongan di Pasar Senggol Sayun Kuripan, Pemkot Pekalongan hanya menyediakan 50 kios dengan ukuran 2 X 2,5 meter. Sedangkan pada tahap awal relokasi pedagang Pasar Sugihwaras, ada sekitar 65 pedagang yang harus dipindahkan. Sedangkan total keseluruhan pedagang Pasar Sugihwaras sekitar 220 orang.
Disampaiakan Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balqis Diab, meski pemindahan pedagang dilakukan secara bertahap, pihak pemkot seharusnya mempersiapkan kios yang sesuai dengan jumlah pedagang di Pasar Sugihwaras.

“Kami berharap pemindahan pedagang dari Pasar Sugihwaras ke Pasar Senggol Sayun Kuripan ini lokasinya bisa mengakomodir seruluh pedagang. Meskipun dilakukan secara bertahap, jika dikatakan seluruh pedagang ada sekitar 200 an maka tempat atau kiosnya pun untuk 200 an orang tersebut, jangan sampai ada yang tidak kebagian. Sehingga tidak terjadi keributan dan proses pembangunannya tetap berjalan,” tegasnya.
Balqis lantas mengkirtisi kios yang disediakan oleh Pemkot Pekalongan yang dinilai terlalu sempit. Menurutnya, pembangunan kios tidak mengkaji dari kebutuhan para pedagang Pasar Sugihwaras.
“Kami melihat 50 unit kios ini sangat kecil sekali. Dari awal perencanaan sudah salah dan tidak sesuai. Maka saya tadi sampaikan agar dalam perencanaan pembangunan harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pedagang,” imbuh Balqis.

Baca juga:  Pemkot Pekalongan Pertahankan WTP Enam Kali Berturut-turut

Ditambahkan Kepala Dindagkop-UKM, Zainul Hakim, meski dalam perencanaan relokasi pedagang Pasar Sugihwaras terdapat kendala, pihaknya mengklaim pedagang telah sepakat untuk pindah ke lokasi baru di Pasar Senggol Sayun Kuripan. Mengenai kritik Dari DPRD, Zainul tetap akan mengevaluasi dan menampung masukan dari DPRD dan pedagang.
“Sebelumnya kita sudah lakukan pertemuan kembali dengan para pedagang. Dan Alhamdulillah telah disepakati untuk dipindah. Akan tetapi pelaksanaannya masih menunggu dan dilakukan bertahap,” ujar Zainul.

Dalam perencanaan awal pemindahan pedagang Pasar Sugihwaras ke Pasar Senggol Sayun Kuripan pada 12 Agustus. Akan tetapi hal tersebut mendapat penolakan dari pedaganag karena dinilai terburu-buru dan tanpa persiapan. Sehinga rencana tersebut dibatalkan dan kini masih belum dipastikan kembali rencana pemindahan pedagang.

Baca juga:  Asuransi Nelayan Kecil Masih Kurang

Sementara itu Rojikin, 55, salah satu pedagang TV bekas di Pasar Sugihwaras mengatakan, kesepakatan pedagang dengan pemkot sudah dilakukan dan pedagang bersedia pindah, asalakan Pemkot Pekalongan mempersiapkan fasilitas dengan baik dan prosedur yang jelas.
“Setelah lima kali pertemuan, kami bersyukur telah ada kesepkatan. Namun memang pelaksanaan pemindahannya masih belum tahu. Kami inggin sebelum pemindahan ada serah terima kunci dahulu. Lalu armada untuk kita pindahan juga diharapkan Pemkot menyediakan untuk kami,” terang Rojikin.

Terkait dengan kondisi kios yang sempit. Rojikin mengaku mewakili para pedagang menerima kondisinya, meskipun diakuinya dengan ukuran kios 2 X 2,5 meter tersebut tidak sesuai standar dan tidak memenuhi kebutuhan para pedaganag. (alf/zal)

Baca juga:  Wawalkot Carikan Solusi Parkir Pasar Sugiwaras

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya