9 Kecamatan Krisis Pendaftar Panwascam

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Minat masyarakat Kabupaten Magelang menjadi panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan tinggi, namun pendaftar tidak merata. Ada embilan kecamatan yang minat mendaftar rendah.

Hingga Sabtu (24/9) pukul 10.40 setidaknya pendaftar panwaslu kecamatan mencapai 159 pendaftar. Sembilan kecamatan tercatat masih kekurangan jumlah pendaftar. Yakni Kecamatan Borobudur empat orang, Srumbung tiga orang, Dukun dua orang. Kecamatan Sawangan lima orang, Muntilan lima orang, Ngluwar empat orang, Kaliangkrik dua orang, Ngablak empat orang, dan Windusari lima orang.

Ketua Kelompok Kerja Pendaftaran Calon Panwascam Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang, M Yasin Awan Wiratno mengatakan, dari 21 kecamatan belum semuanya memenuhi kuota pendaftar. “Masih ada waktu untuk mendaftar. Sabtu dan Ahad pun kami layani,” ujarnya.

Baca juga:  68 Absen Tes Calon Panwascam

Pihaknya sudah berupaya untuk meningkatkan pendaftar dari sembilan kecamatan itu. Dengan menggencarkan sosialisasi melalui iklan dan pemberitaan media massa juga ke media sosial dan WhatsApp grup.

Anggota Pokja Pendaftaran Calon Panwascam Haji Fauzan Rofiqun menjelaskan, minimal jumlah pendaftar enam orang tiap kecamatan. Hal ini karena jumlah panwascam yang diterima 3 orang. Sedangkan 3 lainnya sebagai cadangan jika terjadi pergantian antarwaktu (PAW).

“Sesuai ketentuan jumlah pendaftar adalah 2 kali kebutuhan. Kami ada 21 kecamatan. Dalam seleksi panwascam ini kami juga akan memperhatikan keterwakilan perempuan di masing-masing kecamatan sebesar 30 persen,” kata dia.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang Muhammad Habib Shaleh menambahkan seleksi dilakukan secara transparan dan berintegritas. “Tes dengan sistem computer assisted test (CAT). Ini adalah metode seleksi menggunakan software dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar,” kata Habib. (mia/lis)

Baca juga:  12 Panwaslu Kecamatan di Salatiga Dilantik


Baca artikel dan berita terbaru di Google News

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya