Kenalkan Potensi Lokal melalui Pasar Budaya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Pasar Budaya Majaksingi mengenalkan berbagai potensi lokal. Selain budaya dan kesenian, produk lokal seperti kopi dan teh semakin menjamur. Bahkan, pengunjung juga diajarkan workshop mengenai proses pembuatan kopi dan teh langsung di Dusun Keruk Batur, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur.

Acara yang digelar selama 6-7 Agustus 2022 ini juga memberikan workshop membatik menggunakan pewarna alami. Hal tersebut disambut antusias oleh pengunjung. Anak-anak hingga pemuda juga tertarik belajar dalam mengenali potensi lokal.

Panitia Workshop Edi Suryono mengungkapkan teh menjadi salah satu potensi yang ada di Keruk Batur. Ia berniat ingin mengembangkan desa melalui produksi kopi dan teh. “Dengan adanya workshop ini untuk mengenalkan potensi dan produk lokal, serta proses pengolahannya,” ujarnya.

Baca juga:  Terapkan Sistem Merit, Pemkab Magelang Pertama Kali Raih Predikat Baik

Kendati demikian, jumlah teh yang ada di Keruk Batur masih terbatas. Belum bisa memproduksi lebih banyak. “Baru mengandalkan pesanan dulu,produksi sesuai jumlah pesanan,” imbuhnya.

Dalam workshop tersebut, Edi menjelaskan dari awal pemetikan yang mana pucuk teh dipetik satu kali dalam satu minggu. Pucuk teh yang dipetik terdiri dari tiga daun. Pengolahannya menjadi dua proses, yakni green tea dan black tea. “Untuk green tea hanya diambil daunnya, sedangkan black tea tangkainya. Adapun dari segi karakter rasa green tea lebih soft, kalau black tea lebih strong,” terangnya.

Peserta workshop tampak antusias belajar mengolah teh. Mereka praktik langsung mulai dari memilah daun, menyangrai, nguleni, hingga akhirnya menjadi teh yang siap diminum. Ia berharap kedepan berkesinambungan. Sehingga dapat mengembangkan UMKM yang ada. “Semoga bisa menjadi acara tahunan atau mungkin selapanan dengan lokasi yang bergantian,” terang Wawan, selaku panitia lainnya. (mg7/mia/lis)

Baca juga:  Jadwal Liga 3 Jateng Mundur, Persikama Mantapkan Persiapan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya