alexametrics

Pendakian Merbabu Buka 100 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Jalur pendakian Merbabu dibuka 100 persen seiring melandainya kasus Covid-19. Hal itu menjadi angin segar bagi sektor wisata terutama dunia pendakian. Keputusan itu menyusul lantaran adanya status PPKM level 1 di Kabupaten Magelang, Semarang, dan Boyolali.

Secara resmi, kemarin (1/7) kuota pendakian Gunung Merbabu dibuka penuh. Kecuali jalur Selo yang hanya dibuka 50 persen dari total daya tampung maksimum per hari. Sebab, sedang ada perbaikan sistem. Sedangkan jalur Thekelan, Kabupaten Semarang dan dua jalur lainnya di Kabupaten Magelang yakni Suwanting dan Wekas membuka kuota penuh.

Salah satu pengelola basecamp Wekas Aan mengatakan kuota penuh diizinkan sebanyak 300 pendaki per hari. Berbeda jauh dengan sebelumnya yang hanya 74 pendaki. Waktu favorit para pendaki biasanya saat weekend. “Bisa full 300. Kalau weekdays paling hanya sekitar 50 orang per hari,” katanya kepada Jawa Pos Radar Magelang, Jumat (1/7).

Baca juga:  Korban Ditampar lalu Ditembak Tiga Kali

Meski demikian, pihaknya masih melakukan pembenahan fasilitas di sepanjang jalur. Di antaranya perbaikan shelter di pos 2 dan toilet karena roboh. “Tapi untuk keseluruhan jalur sangat siap dan aman dilintasi pendaki,” ujarnya.

Untuk menghindari penyelewengan (calo) semua pendaki wajib booking online terlebih dahulu. Setelah itu melakukan verifikasi data calon pendaki di lokasi. Sehingga sistem akan otomatis menepis data yang terkonfirmasi invalid. “Selain itu perhatikan kelengkapan alat pendaki. Sebab belakangan ini suhu mulai lebih rendah,” pungkasnya. (mia/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya