alexametrics

Korsleting, Kios dan Rumah Warga Hangus Dilalap Api

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Persoalan korsleting harus menjadi hal yang diperhatikan masyarakat. Sebab, musibah kebakaran kerap dipicu oleh hubungan arus pendek. Seperti yang terjadi pada dua bangunan di Kecamatan Tegalrejo dan Muntilan.

Kios jus buah dan warung makan di Jalan Magelang-Kopeng, Dusun Krajan, Desa Tegalrejo, KecamatanTegalrejo, Kabupaten Magelang terbakar. Seluruh isi kios hangus sedangkan warung makan terbakar sebagian kecil. Ditemukan penyebabnya adalah hubungan arus pendek atau korsleting.

Ketua Pos Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) Sabikis mengungkapkan, pihaknya menerima laporan saksi pada Kamis (24/6) pukul 22.45 WIB. Saksi tak lain adalah pemilik kedua tempat tersebut, Solhan Arifin. “Hanya perlu dua menit saja tim regu piket sampai lokasi dan segera melakukan pemadaman,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Baca juga:  Warga Grabag Ini Dirikan Dapur Umum dengan Uang Pribadi, Layani 250 Warga yang Isoman

Sabikin menjelaskan, pemilik kios sempat mencium bau kabel terbakar. Usai melakukan pengecekan, tampak kios dan warung makan miliknya dilalap si jago merah. Api menjalar begitu cepat. Menelan barang-barang yang mudah terbakar.

Selain tim regu piket 2 Tegalrejo, lanjutnya, proses pemadaman dibantu pemadam induk dan WMK Grabag. Unit 11, unit Ayaxx 09, Ziegler 03, tangki 6, tangki 7, dan Hilux dikerahkan dalam proses isolasi. “Kurun waktu 43 menit, kebakaran dapat dipadamkan,” imbuhnya.

Kejadian tersebut membuat Arifin menanggung kerugian. Ditaksir, kerugian mencapai Rp 20 juta. Untungnya nihil korban jiwa. 15 kios dan pasar disekitarnya di sekitar objek dapat diselamatkan. Ada juga sekitar 5 rumah menjadi penerima manfaat

Baca juga:  Siapkan Atlet Berkualitas

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magelang Edy Priyanto mengonfirmasi kejadian serupa. Sebelumnya, di hari yang sama (Kamis siang) juga terjadi kebakaran di Muntilan karena korsleting. Tepatnya rumah Sidiq di Dusun Ngepringan RT 01 RW 19, Tamanagung. Dugaan kuat terjadi korsleting di gudang yang terdapat kasur.

Tak perlu waktu lama, terjadi kobaran api dengan cepat. Sehingga melahap semua isi gudang dan sebagian rumah. Kerugian yang dialami sidiq sekitar Rp 30 juta. Sementara 30 rumah di samping objek berhasil diselamatkan dan tidak menimbulkan korban jiwa. (mia/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya