alexametrics

KPU Kabupaten Magelang Berharap Partisipasi Publik Tinggi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Tahapan pemilihan umum (pemilu) 2024 serentak telah digulirkan Selasa malam (14/6). Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang Afiffudin meminta kesadaran masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam kontestasi politik. Supaya tercipta iklim pemilu yang tertib dan berkualitas.

“Intinya partisipasi publik yang kita harapkan. Semua stakeholder dan komponen masyarakat proaktif,” katanya kepada Jawa Pos Radar Magelang, Rabu (15/6).

Sesuai KPU RI, mulai Selasa kemarin memasuki tahap penyusunan program, perencanaan, dan anggaran. Meski sebelumnya KPU Kabupaten Magelang juga telah melakukan persiapan yakni konsolidasi internal. “Selain itu juga konsolidasi kepada forkopimda, instansi terkait, dan partai politik (parpol),” ujarnya.

Persiapan lainnya, kata dia, termasuk akses informasi. Mulai pembenahan website, media sosial, dan perangkat kantor. “Karena pendaftaran parpol Juli mendatang. Kita juga sudah merancang semua kebutuhan,” jelasnya.

Baca juga:  Disedot Dua Jam, Air Sumur Sudah Habis

Pendidikan terhadap pemilih pemula juga akan diselenggarakan di tingkat sekolah. Sosialisasi dilakukan di berbagai segmen. Baik pemula, perempuan, disabilitas, dan komunitas yang berpotensi menyebarluaskan informasi pemilu.

Afiffudin menambahkan, tingkat partisipasi di Kabupaten Magelang menunjukkan tren positif. Tercatat pada 2019 sekitar 89,9 persen. Ia berharap partisipasi masyarakat pada pemilu mendatang semakin meningkat.

“Pemilu ini event besar yang dilaksanakan lima tahunan. KPU tidak mungkin berjalan sendirian. Harus ada support dari masyarakat,” pungkasnya. (mia/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya