alexametrics

Kasus Dana Desa Belum Tuntas, Warga Lapor Dewan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Proses hukum dugaan penyalahgunaan dana desa proyek pavingisasi wisata religi makam Giyanti terus bergulir. Warga Desa Pasangsari, Kecamatan Windusari mengadu ke Komisi I DPRD Kabupaten Magelang lantaran tak puas kinerja inspektorat dan polres. Sebab hampir dua tahun kasus tersebut belum menemukan kejelasan.

Kasus yang menyeret Kepala Desa Pasangsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang itu dilaporkan oleh tokoh masyarakat M Khotim. Ia beserta warga lainnya menuntut penegakkan hukum. “Sampai sekarang masih ada yang belum dikembalikan. Itu pun sudah diminimalisasi oleh inspektorat,” kata Khotim kepada Jawa Pos Radar Semarang saat ditemui di ruang Badan Anggaran DPRD Kabupaten Magelang, Selasa (14/6).

Pihaknya sudah lapor kepada bupati sejak 23 Juni 2020. Laporan tersebut sudah ditindaklanjuti melibatkan tipikor, inspektorat, dan kepolisian. Namun hingga sekarang, belum menemui titik temu. Diketahui, proyek pavingisasi makam Giyanti dilakukan secara diam-diam tanpa musyawarah. Temuan Khotim bersama warga lainnya pada 2019 terdapat pemalsuan dokumen SPJ. Dari anggaran Rp 200 juta yang tertuang di SPJ  hanya sekitar Rp 165 juta. “Faktanya setelah kami klarifikasi toko material hanya dibelanjakan Rp 24 juta. Pembengkakan sampai Rp 140 juta lebih,” jelasnya.

Baca juga:  Sambil Sosialisasi, Polres Magelang Bagikan 500 Masker dan Beras

Penyelewengan, kata dia, juga terjadi pada pemalsuan tanda tangan penerima tenaga kerja dan tukang. Faktanya dikonfirmasi kepada yang bersangkutan sama sekali tidak menerima upah. “Proyek itu dilaksanakan secara gotong royong, bawa bekal sendiri. Padahal ada anggarannya,” jelasnya.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Magelang Budi Purnomo menyarankan mengadakan audiensi dengan kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut. “Kami hanya menjembatani mempertemukan warga dengan pihak terkait. Supaya cepat selesai,”tandasnya. (mia/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya