alexametrics

Daftar Desa yang Terdampak Tol Jogja-Bawen, Sosialisasi Dimulai dari Desa Bligo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Sosialisasi inventarisasi dan identifikasi objek pengadaan tanah untuk pembangunan ruas jalan tol Jogjakarta-Bawen mulai dilakukan di seksi dua. Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang menjadi desa pertama yang menerima sosialisasi ini, Kamis (9/6) di Balai Desa Bligo.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Pertanahan Kabupaten Magelang Heri Susanto mengatakan inventarisasi dan identifikasi objek pengadaan tanah ini merupakan tahap pengumpulan data fisik dan data yuridis. Harus diambil secara langsung dari masyarakat yang terdampak proyek jalan tol. Tahap ini akan dilakukan mulai 9  hingga 27 Juni.

“Untuk seksi dua ini meliputi 13 desa tiga kecamatan,” jelas Heri kepada wartawan Radar Magelang saat ditemui di kantor ATR/BPN Kabupaten Magelang, Kamis (9/6).

Baca juga:  Bikin Gemas, di Kafe Ini Kita Bisa Bersantai Sambil Nongkrong Bareng Kucing

Heri menjelaskan seksi dua 13 desa ini terdiri dari tujuh desa di Kecamatan Ngluwar, satu desa di Kecamatan Mungkid, dan lima desa di Kecamatan Muntilan. Di Kecamatan Ngluwar terdiri dari Desa Bligo, Pakunden, Ngluwar, Blongkeng, Plosogede, Karang Talun, dan Jamus Kauman. Satu desa di Kecamatan Mungkid yakni Desa Pabelan. Dan lima desa di Kecamatan Muntilan terdiri dari Desa Sriwedari, Ngawen, Keji, Taman Agung, dan Congkrang.

“Seksi dua ini ditargetkan dari pusat bisa selesai di tahun 2022. Namun, tidak menutup kemungkinan, jika seksi dua bisa selesai sebelum akhir tahun kita bisa melangkah ke seksi tiga,” ujarnya.

Ia menambahkan Kabupaten Magelang ini masuk pada seksi dua, tiga, empat, dan lima. Dengan total 44 desa, tujuh kecamatan, dan bidang tanah sekitar 6.800 yang merupakan data awal.

Baca juga:  Pengungsi Merapi Kembali ke Barak

Sementara itu, Sumiadi warga terdampak jalan tol Jogjakarta-Bawen mengaku sangat mendukung proyek ini. Namun, ia berharap proyek tidak merugikan masyarakat.

“Saya ingin fasilitas untuk para petani, seperti jalur irigasi, jalan-jalan tembus jangan langsung ditutup atau ditoblek. Saya minta hal ini bisa dipenggalehke dicarikan solusinya. Agar tetap ada irigasi dan jalur tembus tetap bisa digunakan untuk aktivitas,” ujarnya.

Ia juga berharap harga tidak terlampau jauh dari harga di Jogjakarta. “Dirembuk bersama-sama dengan baik, agar ke depannya bisa berjalan baik,” harapnya. (rfk/lis)

 Desa Terdampak Tol Jogja-Bawen

Kecamatan Ngluwar

Bligo

Pakunden

Ngluwar

Blongkeng

Plosogede

Karang Talun

Jamus Kauman

Kecamatan Muntilan

Sriwedari

Ngawen

Baca juga:  5 Taruna PIP Semarang yang Aniaya Juniornya hingga Tewas Dituntut 9 Tahun Penjara

Keji

Taman Agung

Congkrang

Kecamatan Mungkid

Pabelan

Bojong

Pagersari

Mungkid

Senden

Kecamatan Candimulyo

Tampir Kulon

Podosoko

Tempak

Sidomulyo

Mejing

Kecamatan Tegalrejo

Tampingan

Banyuurip

Purwosari

Glagah Ombo

Purwodadi

Girirejo

Kecamatan Secang

Candiretno

Pancuranmas

Jambewangi

Candisari

Karangkajen

Payaman

Madusari

Pucang

Donorejo

Kecamatan Grabag

Kalikuto

Banyusari

Kartoharjo

Sidogede

Grabag

Kalipucang

Losari

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya