alexametrics

Bupati Blora Tiru Pengelolaan BUMD Kabupaten Magelang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Kemajuan pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Magelang mengundang atensi Bupati Blora Arief Rohman.

“BUMD di Magelang sudah maju, kami ingin meniru apa-apa yang sudah dilakukan Magelang dalam rangka pembinaan BUMD,” kata Arief di PT BPR Bank Bapas 69 Magelang, Rabu (8/6).

Ia berharap, melalui studi tiru ini, Pemerintah Kabupaten Blora memperoleh ilmu dan wawasan pengelolaan BUMD yang lebih baik. Sehingga kontribusi BUMD di Kabupaten Blora semakin terasa untuk kemajuan perekonomian daerah.

Kehadiran Bupati Blora beserta rombongan disambut hangat Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto beserta jajarannya. Ia mengungkapkan, pariwisata dan BUMD punya peran strategis untuk mendorong ekonomi kerakyatan dan penyumbang pendapatan daerah.

Baca juga:  Pemkab Magelang Tiadakan Halalbihalal

Sekda Adi memaparkan Bank Bapas 69 memberikan kontribusi berupa dividen tahun 2022 atas hasil usaha tahun 2021 sebesar Rp 14,5 miliar. Sedangkan Perumda Air Minum Tirta Gemilang memberikan kontribusi dividen 2022 atas hasil usaha tahun 2021 sebesar Rp 3,6 miliar.

Ia menambahkan, Kabupaten Magelang juga memiliki banyak potensi wisata. Baik wisata alam, budaya, dan buatan manusia yang tersebar dalam 4 kawasan strategis pariwisata daerah. Sesuai Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah yaitu KSP A, KSP B, KSP C dan KSP D.

“KSP tersebut diarahkan untuk meningkatkan PAD. Laporan yang saya terima realisasi pajak daerah hingga bulan ini mencapai Rp 16,7 miliar. Bersumber pariwisata, pajak hotel, restoran, hiburan, dan parkir,” pungkasnya. (mia/lis)

Baca juga:  Gatotkaca Bagikan Masker Gratis

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya