alexametrics

Tunggak Pajak Setengah Miliar, Tiga Truk Milik PT PPS di Kabupaten Magelang Disita

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Tiga truk senilai Rp 480 juta milik PT PPS di Kabupaten Magelang disita Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II. Penyitaan dilakukan Juru Sita Pajak Negara (JSPN) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Surakarta, Jumat (3/6) lalu. Penyitaan ini buntut dari utang pajak Rp 569,4 juta.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Slamet Sutantyo menyebut penyitaan ini dalam rangka penegakan hukum pajak untuk mengamankan penerimaan negara. Penyitaan aset merupakan tindakan penagihan aktif yang dilakukan setelah penyampaian surat teguran, surat paksa, dan surat perintah melaksanakan penyitaan—sesuai Undang-undang Nomor 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak.

“Tindakan ini diharapkan memberikan efek jera bagi wajib pajak yang menunggak pajak,” tegas Slamet, Rabu, (8/6).

Baca juga:  Layang-Layang Hiasi Langit Desa Pancuranmas

Ketegasan ini sekaligus mengedukasi masyarakat, bahwa DJP berhak melakukan penyitaan kepada wajib pajak yang tidak beriktikad baik melunasi tunggakan pajaknya. Aset-aset wajib pajak yang disita berada dalam penguasaan negara, sebagai jaminan pelunasan utang pajak.

JSPN KPP Madya Surakarta menambahkan, apabila wajib pajak tidak melunasi utang pajak beserta biaya penagihan pajak sampai dengan jangka waktu yang ditetapkan, dilanjutkan dengan lelang atas barang sitaan.  “Jangka waktunya 14 hari,” imbuhnya. (put/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya