alexametrics

Permohonan Paspor 50 per Hari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Permohonan pembuatan paspor di Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas II Wonosobo di Kabupaten Magelang mengalami peningkatan dalam dua bulan terakhir. Peningkatan ini dampak dibukanya akses ibadah umrah serta adanya kelonggaran untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Berdasarkan pantauan Radar Magelang di UKK Imigrasi di Sawitan, Kecamatan Mungkid tampak puluhan orang mengantre mengurus paspor.
Mereka tidak hanya dari Magelang. Ada juga yang dari kota lain. Seperti Hasballah, pemuda asal Sumatera yang bekerja di Jogja.

“Saya baru mau ngurus paspor baru. Mengingat sudah ada pelonggaran, jadi mau liburan dulu ke luar negeri,” ujar Hasballah. Saat ditanya mau ke mana, ia menjawab “Mau liburan di Asia Tenggara saja,” imbuhnya.

Baca juga:  Polres Magelang Gencarkan Patroli di Jalur Tengkorak

Hasballah atau yang biasa dipanggil Abel, mengaku alasan membuat paspor di Magelang karena lebih longgar. “Di sini lebih longgar, dibandingkan Jogja yang selalu ramai dan antreannya selalu penuh,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo Ari Widodo mengatakan semenjak adanya kelonggaran dan izin untuk perjalanan ke luar negeri, permohonan paspor di Imigrasi mengalami peningkatan signifikan. Dalam sehari, pihaknya bisa mencetak 50 paspor dan dalam sebulan kira-kira ada 500 paspor yang dicetak.

“Kebanyakan pemohon untuk pemberangkatan haji, umrah, dan liburan ke luar negeri,” jelasnya.

Padahal sebelumnya, hanya ada sekitar lima sampai 10 pemohon per harinya. Ia menambahkan sebenarnya secara keseluruhan di semua kantor imigrasi di Indonesia terjadi peningkatan permohonan pembuatan paspor khususnya di kota-kota besar.

Baca juga:  Posko Pengungsian Desa Ngrajek Bantah Kekurangan Logistik

“Ini mungkin menjadi momen bagi masyarakat untuk liburan ke luar negeri. Apalagi, saat ini izin umrah dan haji juga sudah diperbolehkan,” ujarnya.

Dengan adanya peningkatan ini, pihaknya sesuai dengan kebijakan Dirjen Keimigrasian terus memberikan pelayanan keimigrasian yang optimal kepada masyarakat. “Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya. (rfk/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya