alexametrics

Petani Milenial Penjaga Kedaulatan Pangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Bupati Magelang Zaenal Arifin mengandalkan petani milenial untuk menjadi enterpreneur muda di sektor pertanian. Mereka digadang-gadang sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan pangan. Sebab, semua sektor pertanian di kabupaten Magelang memiliki potensi yang besar.

“Kalau tidak ada yang mau jadi petani, siapa yang mau menyuplai makanan. Jangan sampai bergantung dari luar negeri, anak muda harus kita hadirkan,” katanya saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa peternakan di Polbangtan Yogyakarta Magelang Kamis (2/6).

Ia mengungkapkan, di Kabupaten Magelang, pertanian menjadi sektor unggulan. Semua bentuk pertanian punya potensi yang sangat besar. Selain itu, ada kemungkinan kedepan dihadapkan dengan persaingan pangan. “Siapa yang cepat menyesuaikan terhadap perubahan yang besar ini dialah pemenangnya,” tuturnya.

Baca juga:  Baru Diwisuda, Sudah Dapat Pekerjaan

Direktur Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Bambang Sudarmanto menyebutkan pertanian saat ini berbeda dengan zaman dahulu. Tidak lagi identik dengan sesuatu yang kotor. Sebab sudah banyak teknologi yang maju dan modern. Pertanian juga punya ruang yang besar manakala dikelola dengan baik. “Terbukti saat pandemi memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan domestik bruto nasional,” ungkapnya. (mia/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya