alexametrics

Sales Rokok Jual Ribuan Pil Sapi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid MPT, seorang sales rokok di Kabupaten Magelang harus mendekam di balik jeruji penjara. Pria berusia 28 itu diketahui menjadi pengedar obat psikotropika jenis pil sapi atau pil yarindo. Ia diamankan dengan barang bukti 2400 pil sapi.

MPT mengaku menjadi pengedar pil sapi sejak Desember 2021. Barang tersebut didapatkan dari toko online. Ia nekat menjual pil sapi karena terhimpit ekonomi. Pelaku menjual barang tersebut hanya kepada dua orang yang menjadi langganannya.

“Konsumennya bukan anak sekolah, tapi sudah dewasa, Hanya satu sampai dua orang” ujar MPT. Sejak Desember 2021 pelaku MPT sudah melakukan pembelian pil sapi sebanyak 4000 butir di toko online. Sampai pertengahan Mei 2022 sudah terjual 1600 butir. Per-1000 butir pelaku mengambil keuntungan Rp 600 ribu.

Baca juga:  Bawa Anak di Bawah 12 Tahun, Calon Pengunjung Borobudur Putar Balik

Kapolres Magelang AKBP M. Sajarod Zakun menuturkan, MPT ditangkap Polres Magelang pada 16 Mei 2022 di rumah kontrakannya di Desa Sedayu Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Penangkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat mengenai jual beli pil sapi yang dilakukan oleh pelaku.

“Yang bersangkutan membeli secara online obat-obatan yang tidak sesuai dengan standar atau persyaratan keamanannya. Sehingga ini bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan bagi yang mengkonsumsi,” ujar Sajarod. Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan terkait toko online yang menjual pil sapi tersebut.

Akibat perbuatannya itu, MPT pun dijerat dengan pasal 196 UU RI No 36 tahun 2009 tentang kesehatan. Ancaman hukumannya penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar. (man/ton)

Baca juga:  Guru Dituntut Kreatif Inovatif di Tengah Pandemi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya