alexametrics

Soal Kelonggaran Bermasker, Pemkab Magelang Masih Tunggu Juknis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang masih menunggu petunjuk teknis (juknis) terkait kelonggaran pemakaian masker di tempat umum. Setelah sebelumnya Presiden Jokowi menyinggung mengenai transisi dari pandemi menuju endemi di Indonesia.

“Kami akan segera menindaklanjuti kebijakan dan arahan pemerintah terkait situasi Covid-19 saat ini. Namun untuk tindak lanjutnya, akan kita siapkan sambil menunggu petunjuk tertulis untuk penerapannya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Rabu (18/5).

Sambil menunggu juknis tersebut, Nanda meminta semua pihak untuk tetap menegakkan protokol kesehatan di berbagai tempat. Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, kendati di Kabupaten Magelang kasus Covid-19 sudah melandai.

Baca juga:  Stadion Gemilang Belum Bisa Dipakai, Persikama Pusing Cari Home Base

Disebutkan Nanda, kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Magelang saat  ini tinggal 1 orang. Pasien tersebut  menjalani isolasi mandiri. “Memang kasus aktif Covid-19 saat ini sudah melandai dan dapat dikendalikan. Namun karena belum ditetapkan sebagai endemi, kami minta semua pihak tetap disiplin menegakkan prokes,” pintanya.

Kata dia, sampai saat ini jumlah komulatif orang terpapar Covid-19 di Kabupaten Magelang yakni 28.317 orang. Rinciannya, 1 orang dalam penyembuhan, 27.135 sembuh dan 1181 meninggal. Meski sudah ada wacana transisi dari pandemi menuju endemi, vaksinasi di Kabupaten Magelang tetap digencarkan.

Hingga saat ini vaksinasi sudah mencapai 1.723.861 suntikan atau 83,75 persen dari target 1.029.210 sasaran. “Untuk dosis pertama mencapai 871.325 suntikan atau 84,66 persen. Dosis kedua 767.413 suntikan atau 74,56 persen dan dosis ketiga, mencapai 85.123 suntikan atau 8,27 persen,” pungkas Nanda. (man/lis) 

Baca juga:  Minyak Goreng Curah Langka, Penjual Gorengan Kebingungan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya