alexametrics

Ribuan Peziarah Ikuti Haul KH Dalhar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Bersamaan dengan haul KH Dalhar bin KH Abdurrahman (Mbah Dalhar), Watucongol, Muntilan, Magelang, makam aulia Gunungpring dipadati peziarah. Ribuan peziarah dari berbagai kota berdatangan tiga kali lipat dari biasanya.

Pantauan Jawa Pos Radar Magelang di lokasi pukul 10.00-12.00 kemarin (16/5), 40 bus peziarah memenuhi area parkir. Selain itu ada juga belasan mobil dan puluhan motor. Sepanjang tangga dari pintu masuk hingga sampai area makam disesaki orang yang berlalu lalang naik turun.

Peziarah mayoritas dari luar kota. Di antaranya Cilacap, Boyolali, Jogjakarta, Cirebon, Rembang, Pasuruan. Selain momentum bulan syawal, juga karena bertepatan dengan kegiatan Haul Mbah Dalhar yang wafat pada akhir Ramadan 1378 Hijriyah/1959 Masehi.

Baca juga:  Gerakan Merti Kali, Jaga Ekosistem Kali Elo

Penjaga parkir Adi mengatakan, jumlah peziarah tiga kali lipat dari biasanya. “Setiap hari memang ramai. Tapi lebih ramai ketika momen  tertentu seperti ketika Ruwah (Sya’ban), Syawal, dan haul,” terangnya.

Sementara itu koordinator ziarah dari tiga bus rombongan Bantul, Yogyakarta Kirno, 40, mengaku sudah menjadi rutinitas berziarah. Selain Watu Congol, tujuan selanjutnya adalah Tegalrejo yakni makam KH Chudlori. (cr3/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya