alexametrics

Berharap Ada Penyelesaian Mufakat Sengketa Zona 1 Borobudur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah masih menunggu perbaikan laporan dari Pemdes Borobudur. Terkait dengan laporan dugaan maladministrasi yang dilakukan BPN Kabupaten Magelang dalam sengketa tanah di zona 1 Candi Borobudur. Mereka berharap ada penyelesaian musyawarah mufakat.

Nantinya jika sudah ada perbaikan, kasus tersebut juga menjadi kewenangan Ombudsman di Jakarta. Mengingat dalam laporan secara teknis yang dilaporkan oleh Pemdes Borobudur adalah Kemendikbud Ristek.

“Ada juga hal yang perlu jadi catatan karena yang dilaporkan secara teknis adalah Kementerian itu juga menjadi kewenangan Ombudsman di Jakarta,” ujar Siti Farida, Ketua Ombudsman Perwakilan Jateng. Sebelumnya, Ombudsman Perwakilan Jateng menyarankan Pemdes Borobudur untuk memperbaiki laporan yang dibuat.

Baca juga:  Obat Mercon Meledak saat Diracik, Satu Orang Tewas

Mengingat sengketa antarlembaga pemerintahan bukan kewenangan Ombudsman. Sehingga Ombudsman Jateng menyarankan untuk pelaporan mengatasnamakan kelompok masyarakat, warga negara atau bada hukum.

“Yang paling utama kami berharap ada penyelesaian musyawarah mufakat. Ini yang sangat penting,” jelas Siti Farida. Pihaknya berkomitmen untuk mendorong Pemerintah Kabupaten Magelang melakukan fasilitasi karena ini warga mereka. (man/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya