alexametrics

Detik-Detik Waisak Jatuh Pada Siang Hari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Menjelang perayaan Waisak 2566 BE atau 2022, sejumlah persiapan mulai dilakukan di Candi Borobudur. Selasa (10/5/2022) sejumlah pekerja tengah membuat panggung dan altar di pelataran candi. Perayaan Waisak sendiri kembali dilakukan setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19.

“Tahun ini, Walubi yang mengadakan. Izin sudah turun,” kata Yudi Suhartono, Pamong Budaya Ahli Madya, Balai Konservasi Borobudur (BKB). Kata dia pembuatan panggung sudah dilakukan sejak Senin (9/5/2022).

Nantinya detik-detik Waisak jatuh pada, Senin (16/5/2022), pukul 11.13.46 WIB. Saat itu, diperkirakan sekitar 1.200 umat akan mengikuti detik-detik Waisak pada tahun ini. “Mulai kemarin loading dan pemasangan tenda, pemasangan altar di candi. Itu sifatkan untuk sakral upacara, sedangkan yang seremonial itu di Lumbini,” ujar Yudi.

Baca juga:  Delapan Pegawai Positif Covid-19, Kecamatan Salam Batasi Layanan

Dihubungi terpisah, General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto mengatakan, meski detik-detik Waisak jatuh pada siang hari, namun Candi Borobudur tetap buka bagi pengunjung.

Nantinya akan dilakukan dengan pengaturan bekerja sama dengan panitia dan pihak keamanan.“Kami tetap buka dengan pengaturan. Secara umum akan kita siapkan sebaik-baiknya bekerja sama dengan panitia dan pihak keamanan baik Polri maupun TNI,” ujar Aryono. (man/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya