alexametrics

TPS Sudah Ditutup, Masih Dipasok Sampah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Tumpukan sampah berserakan di depan eks TPS Muntilan, Kabupaten Magelang Jumat (6/5). Meski TPS tersebut sudah ditutup namun masih ada yang membuang sampah di sana. Kebanyakan sampah rumah tangga.

Biasanya orang membuang sampah di depan eks TPS Muntilan ketika malam hari. Saat sepi. Terlebih sejak pertengahan Ramadan lalu, eks TPS Muntilan tidak lagi dijaga. Sehingga tidak ada pengawasan.

“Jadinya buangnya malam, kami nggak tahu orangnya. Jadi nggak pernah jaga lagi setelah pertengahan puasa,” ujar Oktaviana warga Desa Tamangagung yang tinggal di dekat TPS Muntilan.

Ia mengaku tidak mengenali orang yang masih membuang sampah di TPS Muntilan. Karena ketika membuang sampah sambil mengendari sepeda motor.

Baca juga:  Butuh Inovasi Pengeloaan Sampah

“Soalnya yang buang sampah pakai motornya banter. Jadi nggak sampai lihat siapa,” kata perempuan 30 tahun ini. Ia pun masih belum tahu kapan sampah di sana akan dibersihkan dan dijaga kembali.

Sementara itu, Joni Budi Hermanto Kabid Pengendalian Dampak dan Penataan Lingkungan DLH Kabupaten Magelang menjelaskan, TPS Muntilan sudah ditutup sejak awal Januari 2022. Penutupan dilakukan karena TPS Muntilan sering digunakan sebagai tempat pembuangan sampah liar. Di samping itu, TPS Muntilan ditutup seiring dengan TPA Pasuruhan yang sudah overload. Kata Joni, TPS Muntilan tidak memungkinkan untuk dijaga 24 jam.

“Ya begitulah, tumpukan sampah itu kalau tidak salah hanya dalam beberapa hari karena tidak ada petugas yang berjaga,” tutur Joni. (man/ton)

Baca juga:  Isuzu Kenalkan Traga, Perkuat Pasar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya