alexametrics

Balkondes Siapkan Fasilitas Sambut Liburan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Menurunnya kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang menumbuhkan optimisme pengelola balai ekonomi desa (balkondes) di kawasan Borobudur. Terlebih pemerintah menerbitkan izin mudik dan cuti bersama.

Kelonggaran ini membuat tamu balkondes berdatangan. Mulai dari tamu acara buka puasa bersama (bukber) hingga tamu saat libur Lebaran mendatang. Salah satunya di Balkondes Ngadiharjo. Huda, supervisor Balkondes Ngadiharjo, mengaku sudah mulai mendapat pesanan kamar homestay untuk H+3 Idul Fitri.

“Dari luar kota. Jakarta, Bandung,” kata Huda kepada Jawa Pos Radar Magelang.

Untuk menyambut tamu, kata Huda, sejumlah persiapan dilakukan. Salah satunya dengan menambah 6 toilet. Termasuk menjaga kebersihan dan kerapian area balkondes. Pemasangan plang penunjuk arah, plang paket kegiatan, juga gapura memasuki balkondes juga turut disiapkan.

Baca juga:  Taman Air Kalibening Terapkan Prokes Ketat

Hal serupa dilakukan Balkondes Bumiharjo. Iwan, supervisi Balkondes Bumiharjo mengatakan, sudah banyak pesanan untuk Mei mendatang. Baik untuk acara kementerian, wedding, hingga reuni.

“Untuk reuni, ada tanggal 8. Lebaran tanggal 6, tanggal 7 juga sudah ada. Ada alumni SMP mana gitu tapi sudah agak tua,” imbuhnya.

Kelonggaran ini, kata Iwan, jauh lebih mendingan dibanding tahun kemarin. “Tahun kemarin ora ono opo-opo. Tahun kemarin lingak-linguk,”ujarnya.

Iwan juga memprediksi kemungkinan terjadinya lonjakan wisatawan di kawasan Borobudur saat libur Lebaran. Untuk menyambut, pihaknya berencana mau melengkapi dolanan tradisional di balkondes.

“Kami carikan lagi. Kami buatkan agar lebih lengkap. Karena kayaknya bakal ramai. Sudah longgar,” bebernya optimistis. (rhy/lis)

Baca juga:  Pameran Virtual di Afsel, Seniman Dusun Keron Berekspresi dengan Tema Serangga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya