alexametrics

Jelang Libur Lebaran, Pengunjung Meningkat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Pelaku wisata mulai bersiap menghadapi libur Lebaran. Adanya kelonggaran untuk mudik dimanfaatkan mereka untuk berbenah. Mereka berharap tidak terjadi klaster pariwisata di liburan Lebaran tahun ini.

“Lebaran tahun ini kayaknya lebih longgar. Jadi kami tangkap peluang itu dan saat sudah mulai banyak yang mudik. Plat-plat luar kota, terutama Jakarta sudah mulai masuk ke wilayah Magelang,” ujar Edwar Alfian, ketua Forum Daya Tarik Wisata (DTW) Kabupaten Magelang Minggu (17/4).

Mulai adanya pemudik yang masuk wilayah Magelang, membuat Forum DTW mendorong pelaku wisata untuk melakukan vaksin booster. Beberapa pelaku wisata difasilitasi oleh puskesmas setempat. Dari data dihimpun Forum DTW, hampir 100 persen pelaku wisata sudah booster. “Ketika pemudik sudah booster, kemudian pengelola DTW sudah booster, artinya kita sudah melakukan apa yang ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Cat Ulang Marka dan Perbaiki Penerangan

Edwar yang juga Kabag Promosi dan Pemasaran wisata Ketep Pass ini mengatakan, menjelang Lebaran ini mulai ada peningkatan pengunjung di DTW. Sebagai contoh, saat ini di Ketep Pass di akhir pekan pengunjung bisa mencapai 500 orang sehari. Sementara untuk hari biasa 100 orang perhari.

“Dulu pas awal-awal puasa kalau hari biasa paling hanya 50 orang. Sementara untuk akhir pekan sekitar 200 orang perhari,” ujar Edwar. Kata dia, pengelola Ketep Pass sudah bersiap untuk mengantisipasi jika terjadi ledakan pengunjung. Salah satunya adalah menambah kantong parkir. (man/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya