alexametrics

Pemkab Magelang Alokasikan 40 Persen APBD untuk UMKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Pemkab Magelang mempersiapkan anggaran untuk UMKM lokal. Rencananya anggaran tersebut diambil dari APBD sejumlah 40 persen. Harapannya akan banyak UMKM masuk di platform E-Katalog yang akan diluncurkan 24 Maret ini.

“Kami sedang persiapkan di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang untuk memasukan UMKM yang ada di kita. Akhir bulan ini sudah harus selesai,” ujar Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Ia menuturkan, hal tersebut merupakan bagian stimulus untuk pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Magelang. Terpisah saat kunjungan ke Kabupaten Magelang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan alokasi 40 persen APBD untuk UMKM yakni untuk pembelian produk. Namun untuk bisa dibeli, produk harus lah memenuhi standar. Sehingga dari pemerintah melakukan pendampingan dan pelatihan.

Baca juga:  Bekas Tambang Pasir di Desa Dukun Disulap Jadi Embung

“Kalau APBN, APBD 40 persen digunakan untuk mereka (pelaku UMKM) mereka pasti akan menggeliat, ” ujar Ganjar. Ia mengatakan, saat ini proses tersebut sudah berjalan, sehingga Pemprov Jateng mendorong kabupaten dan kota dalam pelaksanaannya. (man/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya