alexametrics

Korupsi, Mantan Kades Mangunsari Kabupaten Magelang Ditahan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid Mantan kepala desa (kades) Mangunsari, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang ditetapkan menjadi tersangka korupsi oleh Polres Magelang.

Pria berinisial L, 51, yang menjabat sebagai kades periode 1999-2013 tersebut diduga terlibat dalam korupsi dana kegiatan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Windusari.

“Berdasarkan hasil audit BPKP Perwakilan Provinsi Jateng ditemukan kerugian negara Rp 314.080.000,” kata Kapolres Magelang AKBP M. Sajarod Zakun Jumat (11/3).

Kasus tersebut bermula pada 2012 ketika UPK “Lestari” Kecamatan Windusari melaksanakan kegiatan pengguliran sektor ekonomi Progam Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Dana program tersebut bersumber dari APBD maupun APBN yang dikelola oleh UPK.

Tersangka L, yang waktu itu menjabat sebagai kades mengondisikan anggota kelompok masyarakat Desa Mangunsari untuk mengajukan pinjaman dana bergulir tersebut. Total ada enam kelompok. Setelah dana cair, tersangka memintanya dan digunakan untuk kepentingan pribadi. Anggota kelompok yang digunakan sebagai atas nama peminjam, diberikan imbalan sebesar Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu. Salah satu kelompok diberikan uang imbalan sebesar Rp 2 juta.

Baca juga:  Dishub Kabupaten Magelang Petakan Blackspot, Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Tersangka yang segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Magelang ini terancam hukuman penjara maksimal 20 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar. Tersangka L mengaku menggunakan uang untuk usaha tembakau. (man/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya