alexametrics

Pengelolaan Keuangan Harus Transparan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Kepala desa harus mampu mengelola keuangan desa. Dengan berdasarkan pada asas transparansi, akuntabel, partisipatif dan dilakukan dengan tertib, serta disiplin anggaran.

Hal itu dikatakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso saat memberikan arahan Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa Bagi Kepala Desa Se-Kabupaten Magelang di Artos Hotel, Selasa (1/3). Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Magelang.

Menurut Iwan, pengelolaan keuangan desa kini wajib menggunakan aplikasi Siskeudes. Hal ini sebagaimana amanat dalam Peraturan Mendagri No. 20 Tahun 2018 dan Peraturan Bupati Magelang No. 47 Tahun 2019.

Dengan Siskeudes, lanjut Iwan, memudahkan pemerintah desa. Kaitannya dalam melaksanakan tugas dan fungsi perencanaan, pelaksanaan, penata-usahaan, pelaporan, serta pertanggungjawaban keuangan. Maka, pihaknya mendorong kepala desa memahami regulasi untuk melaksanakan pembangunan. Terlebih, dengan anggaran desa yang cukup besar.

Baca juga:  Polres Magelang Imbau Hentikan Penambangan Ilegal di Wilayah KRB III

Kegiatan untuk meningkatkan koordinasi antara kabupaten, kecamatan, dan desa dalam pengelolaan keuangan desa. “Demi terwujudnya pengelolaan keuangan desa sesuai dengan asas transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran,” ujar Sekretaris Dispermades Agung Purwadi. (rhy/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya