alexametrics

Tanam 5.000 Pohon di Lereng Andong

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Lereng Gunung Andong tepatnya di Desa Tirto, Grabag, Kabupaten Magelang ditanami pohon. Kegiatan itu bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Jumat (25/2) pagi. Penanam diinisiasi oleh komunitas relawan SAR Grabag bersama Pemkab Magelang.

Total ada 5.000 pohon yang ditanam dalam kegiatan tersebut. Bupati Magelang, Zaenal Arifin hadir dan ikut menanam pohon. Ia menuturkan penanaman pohon tersebut sejalan dengan upaya  mendukung gerakan pengendalian emisi gas rumah kaca dan program kampung iklim.

“Hari ini (kemarin, Red) kami melakukan penanaman 5.000 pohon di lereng Gunung Andong sebagai aksi nyata dalam rangka melakukan upaya-upaya pengurangan emisi gas rumah kaca,” kata Zaenal. Ia berharap ke depan warga ikut dalam upaya mencegah kerusakan lingkungan.

Baca juga:  Sosialisasi Teknik Pelaksanaan Jalan Beton di Perdesaan

Dalam peringatan HPSN itu, Zaenal menyinggung permasalahan sampah yang terjadi di semua wilayah. Termasuk Kabupaten Magelang. Pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi gaya hidup telah meningkatkan timbunan sampah. Di Kabupaten Magelang sendiri, menurut Zaenal, jumlah timbulan sampah terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang Sarifudin menuturkan, penanaman pohon saat HPSN yakni sebagai upaya mencegah kerusakan lingkungan, khususnya di wilayah lereng Andong. “Ada 11 jenis pohon yang ditanam pada kegiatan ini. Antara lain, beringin, asam jawa, randu, rambutan, mangga, jambu, gayam, aren, durian, dan tabebuya,” papar Sarifudin.

Selain menanam pohon, dalam kegiatan HPNS di Grabag itu, juga  diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba bank sampah dan TPS3R tingkat Kabupaten Magelang. (man/lis)

Baca juga:  Wakil ketua DPRD Temanggung : Waspadai Masuknya Radikalisme ke Kaum Milenial

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya