alexametrics

Tidak Kunjung Bayar Pajak, Bakso Pak Granat Ditutup Sementara

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat di Jalan Raya Magelang-Jogjakarta, Dusun Kadipiro, Desa Mungkid ditutup sementara oleh tim gabungan Satpol PP Kabupaten Magelang Sabtu (19/2) malam. Hal tersebut dilakukan karena sang pemilik tidak kunjung membayar pajak setelah beberapa kali mendapatkan teguran.

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Magelang Farnia Berliani Sri Tulodho menjelaskan, sejak 2020, pihaknya sudah melakukan langkah pendekatan serta memberikan tiga kali teguran terkait wajib pajak kepada Rumah Makan Bakso Pak Granat. Hal itu dilakukan di bawah pengawasan KPK.

“Sudah kita layangkan surat teguran satu, dua, dan tiga. Tetapi tetap tidak diindahkan,” ujar Farnia. Terakhir beberapa bulan lalu BPPKAD memasang tanda peringatan wajib pajak di Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat.

Baca juga:  Empat Anggota Polres Magelang Diganjar Reward

Dikatakan Farnia, pada 10 Februari 2022, pemilik Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat sudah diundang dan dihadirkan di Kantor BPPKAD untuk melakukan mediasi. Namun upaya mediasi tersebut tampaknya tidak ada titik temu.

“Dari pengelola dan pemilik Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat tetap menolak untuk dipasang alat tapping box (alat perekam data transaksi) dengan alasan akan mengganggu operasional. Artinya pemilik ini belum menerapkan pajak 10 persen kepada konsumen,” terang Farnia.

Menurutnya, dari 49 rumah makan wajib pajak yang dipasang alat tapping box, hanya Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat yang tidak mau memasang. Bahkan melepas alat tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Magelang Margono menuturkan, tindakan penutupan sementara ini dilakukan setelah melalui beberapa tahapan. Pihaknya juga telah melakukan mediasi pada 17 Februari 2022 lalu bersama pihak Bakso Balungan Pak Granat. Disaksikan oleh Kapolsek Mungkid serta Danramil.

Baca juga:  Pandemi, Tantangan Layanan Pendidikan ABK Lebih Berat

“Sebenarnya dari Satpol juga tidak berharap sampai ada penutupan seperti ini. Namun kemarin dari pengelola menyampaikan bahwa jalan tengahnya tutup sementara. Dari owner bersedia untuk ikut menjaga ketertiban terkait dengan pelaksanaan penutupan sementara,” kata, Margono.

Margono berharap, ke depan akan ada satu solusi terkait permasalahan tersebut. Ke depan jika pihak Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat bersedia memasang alat tapping box, nantinya bisa buka kembali. “Karena intinya kita menyampaikan ke masyarakat atau pengusaha untuk taat pajak, itu saja,” jelas Margono. (man/ton) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya