alexametrics

Pemkab Magelang Kebut Vaksinasi dan Perketat Prokes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Bupati Magelang Zaenal Arifin mengingatkan penyebaran Covid-19 varian Omicron yang tiga hingga empat kali lebih cepat ketimbang varian Delta.

Zaenal Arifin menyebutkan, angka terkonfirmasi positif di Kabupaten Magelang akhir-akhir ini meningkat cukup signifikan. Untuk itu, perlu kesiapsiagaan. Salah satunya dengan mengkonversi kembali tempat tidur rumah sakit menjadi tempat tidur pasien Covid-19. Serta melakukan audit terhadap pasien rumah sakit.

“Artinya, Dinas Kesehatan kembali memperhitungkan, termasuk stok obat kita. Jangan sampai nanti pada posisi yang tinggi kita kesulitan obat-obatan. Termasuk persediaan oksigen dan lain sebagainya,” tegas Zaenal dalam rakor penanganan Covid-19, Senin (7/2).

Zaenal meminta pemaksimalam tempat isolasi terpusat (isoter). Untuk mengantisipasi lonjakan pasien di rumah sakit. “Kalau penyebaran ( Omicron, Red) cukup tinggi, akan menjadi problem karena rumah sakit kita juga terbatas,” ucap Zaenal.

Baca juga:  Madu, Mulanya untuk Obat, Kini Menjadi Bisnis

Dengan demikian, pasien bergejala ringan tidak harus masuk rumah sakit. “Jadi, nanti yang masuk rumah sakit itu yang betul-betul kondisinya berat,” sambung Zaenal. Percepatan vaksinasi, kata Zaenal, tetap harus dilakukan. Baik dosis pertama maupun kedua. Serta vaksin booster.

Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto menambahkan, ada dual hal penting untuk mengantisipasi penyebaran serta dampak Omicron. Yakni percepatan vaksinasi, dengan penerapan prokes secara ketat. Adi meminta agar PPKM dan program Jogo Tinggo di tingkat desa maupun kecamatan untuk dijalankan kembali. Termasuk operasi yustisi. (rhy/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya