alexametrics

Minyak Subsidi di Pasar Tradisional Langka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Harga minyak goreng di pasar tradisional di Kabupaten Magelang belum kunjung turun. Meskipun sejak Kemendag telah menurunkan harga menjadi Rp 14 ribu. Pedagang mengaku kesulitan menjual stok lama. Juga susah memperoleh stok minyak goreng dengan harga baru.

Nur Hayati salah satu pedagang mengatakan sebenarnya sudah ada tawaran untuk harga baru dari sales. Namun sampai saat ini barang tidak kunjung datang. Karena stoknya langka. Ia memilih menjual stok lama dengan harga Rp 18 ribu sampai Rp 20 ribu.

“Kemarin dari sales menawarkan minyak dengan harga Rp 13 ribu. Kami pesan, tapi belum dikirim. Karena belum ada barangnya,  kami jual stok lama,” ujar Nur Hayati kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (1/2). Ia mengaku sering mendapat komplain dari pembeli karena menjual dengan harga lama Rp 18 ribu sampai Rp 20 ribu.

Baca juga:  Posko Pengungsi Merapi Disterilkan

Lantaran memang belum menerima minyak goreng subsidi. Penjualan minyak goreng stok lamanya pun lambat. Mengingat di toko ritel modern harga minyak goreng lebih murah.

Heri, pedagang lainnya mengaku terpaksa merugi agar minyak goreng stok lama terjual. “Saya jual minyak goreng stok lama Rp 16 ribu. Per liter saya rugi Rp 2 ribu,” jelas Heri. Sementara untuk stok baru dengan harga Rp 14 ribu tidak mendapat jatah banyak.

Tri Handayani, Fungsional Pengawas Perdagangan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan dan UKM Kabupaten Magelang menjelaskan, pantauan yang dilakukan sejak 19 Januari menunjukkan harga minyak goreng di pasar tradisional belum turun.

Menurutnya para pedagang masih menjual minyak goreng stok lama. Mengingat sales belum meretur minyak goreng lama dengan harga baru. Dikatakan Handayani, stok minyak goreng Rp 14 ribu di ritel modern pun saat ini tidak mesti ada. “Jadi ada toko yang pasokannya 3 hari sekali, ada juga yang setiap hari,” jelasnya. (man/lis)

Baca juga:  Rumah Terbakar, Rugi Rp 150 Juta

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya